30 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pj Wali Kota Imbau Kibarkan Bendera

Kota Mojokerto, Bhirawa.
Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mengimbau agar seluruh kantor/Lembaga, BUMN, BUMD, universitas, sekolah negeri/swasta, serta komponen masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang pada tanggal 30 September 2024 dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2024.

Imbauan ini merujuk pada Surat Edaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor: 23224/MPK.F/TU. 02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan revolusi yang gugur untuk mempertahankan keutuhan bangsa.

“Pengibaran bendera setengah tiang mencerminkan rasa duka, serta menguatkan tekad generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan,” kata sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Lebih lanjut Mas Pj menuturkan mengibarkan bendera juga mengingatkan seluruh bangsa Indonesia akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini juga menjadi momen untuk berefleksi, memperkuat komitmen serta peneguhan Pancasila sebagai dasar negara,” imbuhnya.

Selain mengibarkan bendera, Mas Pj juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendengarkan pidato Meteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang ditayangkan melalui kanal youtube Kemendikbud RI pada tanggal 1 Oktober besok.

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang peristiwa sejarah yang menegaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. [oky.dre]

Berita Terkait :  IKM Halal Festival, Songsong Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img