28 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Lima Kecamatan di Bojonegoro Rawan Banjir Bandang Terletak Wilayah Hutan

Bojonegoro, Bhirawa.
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bojonegoro, Laela Noer Aeny mengatakan di daerahnya terdapat lima Kecamatan yang tergolong rawan bencana banjir bandang yakni Kecamatan Sekar, Dander, Temayang, Gondang, dan Bubulan.

Potensi Lima Kecamatan yang rawan banjir bandang terletak di wilayah hutan atau selatan Kabupaten Bojonegoro.

“Selain Sekar, ada empat kecamatan yang berpotensi diterjang banjir bandang, yakni Kecamatan Dander, Temayang, Gondang, dan Bubulan,” katanya Minggu (29/9).

Pada Selasa (24/9/2024) lalu terjadi bencana banjir bandang yang menerjang jembatan yang masih dalam proses pengerjaan turut Desa Bobol, Kecamatan Sekar.

Dia mengatakan, lima kecamatan ini sering terjadi banjir bandang terutama sekitar hutan. Namun, dengan kondisi ini masyarakat terutama wilayah yang telah dipetakan BPBD Bojonegoro potensi banjir bandang harus tetap siaga dan hati-hati.

“Kami juga mengimbau untuk masyarakat di sekitar hutan lebih waspada memasuki perubahan cuaca yang akhir-akhir ini sering terjadi hujan lebat. Apalagi hujan disertai angin kencang yang bisa mengakibatkan banjir bandang,” ujarnya.

Selain itu, BPBD sudah mempersiapan kemungkinan kemungkinan yang terjadi untuk menghadapi awal hujan yang di sertai Angin Kencang. Memberikan informasi perkembangan cuaca di wilayah Kab. Bojonegoro (setiap hari) melalui group group WA, Mempersiapkan peralatan yang ada apabila terjadi pohon tumbang dll (senzo dll).

“Bila terjadi hujan deras disertai angin kencang, hindari berteduh di bawah pohon, papan reklame dan di dekat tiang Listrik. Berlindunglah di dalam bangunan yang kokoh. Serta berhentilah berkendara, khususnya roda dua dan segera berteduh di tempat yang Aman,” jelasnya.

Berita Terkait :  Pemkab - DPRD Lamongan Komitmen Anti Korupsi

Personil BPBD siap 24 Jam di Kantor sesuai jadwal Piket Regu.Segera informasikan bila terjadi hal Darurat Bencana Ke Hotline BPBD Bojonegoro. Segala bentuk pelayanan tidak dipungut biaya apapun (gratis). [bas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img