24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

HPN 2024, PLN Gelar Konvoi Motor Listrik di Kota Malang

Gandeng anggota komunitas motor listrik, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar konvoi motor listrik.

Kota Malang, Bhirawa.
Memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) Tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menggelar konvoi motor listrik dengan menggandeng anggota komunitas motor listrik.
Kegiatan yang bertajuk “Ride the Future with PLN, Drive Electric” ini sebagai upaya penguatan ekosistem kendaraan listrik dan iikuti oleh angota kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Jawa Timur, Martindar Jalu Respati mengungkapkan kegiatan ini digelar untuk memperingati HPN sekaligus mengampanyekan gaya hidup serba elektrik dan bebas karbon.

“Kami ingin mendekatkan diri dengan pelanggan dan mengenalkan masyarakat akan electrifying lifestyle seperti motor listrik ini. Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik, kita dapat mengurangi emisi CO2. Terlebih saat ini kendaraan listrik mengalami kenaikan yang signifikan,” terangnya, Selasa (10/9).

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur, hingga bulan Juli 2024 ada 13.248 kendaraan listrik yang terdiri atas 11.072 roda dua dan 2.176 roda empat telah digunakan masyarakat di Jawa Timur.

Tercatat juga dari data transaksi pengisian di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN hingga bulan Agustus 2024, telah mencapai 15.252 transaksi dengan konsumsi listrik sebesar 319.787 kWh. Hal ini menunjukkan peningkatan drastis yaitu sebesar 362% dari bulan yang sama di tahun 2023.

Berita Terkait :  Potensi Gempa Megathrust Jadi Isu Rakor SRPB Jawa Timur

Ketua KOSMIK JATIM, Ahmad Rifai mengaku sangat beruntung ada motor listrik yang menurutnya sangat ramah lingkungan dan perawatannya sangat mudah.

“Saya sudah menggunakan motor listrik selama 2 tahun dan mobil listrik selama 1 tahun. Banyak kemudahan yang saya dapatkan, mulai dari kenyamanannya karena tidak bising, lebih hemat, operasionalnya juga mudah karena tidak memerlukan biaya perawatan. Saya mengapresiasi PLN yang telah menyediakan SPLU dan SPKLU yang semakin banyak, saya tidak khawatir saat melakukan touring dari Jawa Timur ke Bandar Lampung waktu lalu,” jelas Rifai.

Bahkan Satlantas Polresta Kota Malang juga turut memberikan edukasi kepada para pengguna kendaraan motor.

“Motor listrik ini tidak ada suaranya, jadi mohon untuk para penggunanya untuk lebih berhati-hati lagi. Tetap patuhi rambu-rambu yang ada dan tertib berlalu lintas. Selain itu, budayakan melakukan pengecekan kondisi kendaraan listriknya setiap akan digunakan, ini adalah upaya mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya,” tegas Iptu Wahyu Dwi Hidayat, Kanit Kamsel Satlantas Polresta Kota Malang.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo menyampaikan PLN siap mendukung transisi energi di tanah air salah satunya lewat penyediaan infrastruktur electric vehicle secara masif.

“Saat ini sudah ada 115 SPKLU di 52 lokasi tersebar di seluruh Jawa Timur. Dengan semakin bertambahnya kendaraan listrik, PLN akan menambah lagi 100 unit SPKLU pada lokasi-lokasi strategis,” pungkas Agus. [riq,mut.hel)]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img