24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

UC Melaksanakan Agenda Selling Day, Ajang Berlatih Entrepreneuship


Surabaya, Bhirawa
Universitas Ciputra (UC) melaksanakan agenda Selling Day dalam rangkaian Orientasi Week (OWeek) di Atrium Ciputra World Surabaya. Sebanyak 1.600 Mahasiswa Baru (Maba) yang dibagi 133 kelompok melaksanakan praktek entrepreneurship yaitu membuat produk dan test pasar produk yang dibuat.

Menurut Head Student Affair, Novi Rosita, kegiatan ini adalah aplikasi dari materi selama O-Week. Selama O-week Maba dikenalkan entrepreneurship termasuk pembuatan Business Proposal. Jadi tidak sembarangan dalam menentukan produk, harga produk, kemasan produk, dan cara marketingnya.

“Tiap kelompok mendapatkan modal untuk dikelola Profit dari Selling Day menjadi hak dari kelompok, tiap kelompok diharapkan memberikan donasi dari profit untuk kemudian dijadikan dana pengabdian masyarakat, namun uang modal harus dikembalikan. Kali ini pilihan produk seputar makanan, minuman dan snack yang berasal dari lima Benua (Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa) yang dikemas apik dengan kreasi tiap kelompok,” ujarnya.

Novi menambahkan, Maba diajak melakukan kegiatan yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), Selama O-week berlangsung, Maba dan seluruh panitia diajak untuk memilah sampah. Kegiatan sederhana namun membawa dampak bagi kelestarian lingkungan.

“Jadi kita ajak Maba untuk memilah sampah basah dan sampah kering dari nasi kotak dan snack yang dibagikan. Sampah – sampah yang sudah dipilah itu lalu disetorkan ke Bank Sampah untuk bisa didaur ulang,” imbuhnya.

Berita Terkait :  Pj Bupati Masrukin, Mengajak Siswa SD Pamekasan Menjaga Kesehatan Gigi

Dari awal Maba masuk dunia perkuliahan, disiapkan untuk mereka mempunyai pola pikir Entrepreneuship dan juga peduli lingkungan. Novi berharap, dari Oweek ini Maba akan memulai langkahnya menjadi seorang Entrepreneur sukses, namun mengutamakan kelestarian lingkungan.

Sementara itu, juri Selling Day, Yuanita Ratna Indudewi, memberikan apresiasi terhadap semua kelompok, Mereka berupaya untuk memenuhi semua kriteria dari penilaian yaitu Kelengkapan Tool Penjualan termasuk produk dan tester, Kemampuan persuasi konsumen, dan kebersihan stand.

“Saya terkesan dengan kelompok yang menyajikan makanan khas thailand yaitu Pad Thai berbahan sirataki. Rasanya enak, dan empuk teksturnya,” jelas Yuanita.

Harapan Yuanita, bawah dengan salah satu kegitan Oweek yaitu Selling Day Maba terus mempunyai semangat gigih dalam berjuang, kreatif, inovatif dimana itu semua adalah modal awal seorang Entrepreneur.

Salah satu pengunjung, Stefany Livia, sangat kagum dengan usaha dari Maba UC. Semua all out, dari dekor stand juga dresscode. ”Saya sudah keliling ke semua stand, Ada yang lucu banget, makanan dari Arab, mahasiswa yang menawarkan juga pakai Bahasa Arab. Saya sempat beli pisang coklat enak sekali, serta juga yang jualan makanan korea, dekor korea banget lengkap dengan baju hanbok,” ucapnya. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img