27 C
Sidoarjo
Friday, October 11, 2024
spot_img

Unusa Siapkan Infrastruktur Pelayanan Mahasiswa Korban Perundungan

Menyediakan Lembaga Layanan Psikologi

Surabaya, Bhirawa
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan layanan bagi mahasiswa yang mengalami perundungan di Kampus, Surabaya. Kasus kematian dokter, mahasiswi PPDS anestesi Universitas Diponegoro (Undip) menjadi sorotan publik dengan kasus perundungan di dalam kampus. Unusa telah menyiapkan layanan bagi mahasiswa terkena kasus bullying di kampus.

Dekan Fakultas Kedokteran Unusa, Dr Handayani M Kes menjelaskan, sebenarnya perundungan tidak banyak di dunia Kedokteran, tetapi di sekolah kedinas, pondok pesantren, sekolah-sekolah, semua institusi program pendidikan berpotensi adanya perundungan.

“Ada program dari Kementrian Kesehatan yaitu kekerasan bullying, kekerasan sexual, kekerasan fisik, ketiga hal ini harus di cegah di Kampus,” tegas Handayani.

Dekan Fakultas Kedokteran di Unusa ada pembimbing akademis yang mengawal mahasiawa masuk sampai ke tahap profesi, jika ditemukan masalah mahasiawa mempunyai tempat untuk mengaduh. Sebab Unusa menyediakan infrastruktur dengan menyediakan Lembaga Layanan Sikologi untuk mahasiswa, layanan tersebut dari Fakutas dan Universitas.

“Pembimbing akademis akan menyediakan psikolog untuk menangani masalahnya, kerena munculnya perundungan biasanya dari ganguan sikologis korban dari korban perundungan, setelah didalami baru bisa menemukan masalahnya itu,” tutur Handayani.

Handayani menambahkan, pembelajaran di Kedokteran lebih berat dari Prodi lainya karena waktu libur biasanya tidak ada, sebab waktu libur tersebut di buat untuk perbaikan nilai. ”Fakultas Kedokteran pembelajaran memang tidak bisa di samakan oleh prodi lain, banyak praktek atau ingin perbaikan nilai untuk mahasiswa,” imbuhnya.

Berita Terkait :  DPRD Terima Kunjungan Belajar dari SMPN 11 Kota Madiun

Sejauh ini tidak banyak, dari layanan itu pengaduan biasanya selain dari mahasiswa juga dari Orang tua Mahasiswa, namun kita proses untuk kita bisa selesaikan secara kekeluargaan. Biasanya melaporkan terkait PKKMB, selanjutnya setelah diproses dan di pertemukan masalah bisa di selesaikan. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img