28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Rayakan HUT 79 RI, Ratusan Karyawan Bogasari Lari 5 Km


Surabaya, Bhirawa
Hampir 200 orang atau tepatnya 198 karyawan Bogasari mengikuti Lomba Lari 5 kilometer atau RUN 5 K pada Jumat (16/8) lalu dan kegiatan lari 5 km ini berlangsung secara nasional di tiga pabrik Bogasari, yakni Jakarta, Surabaya dan Bekasi.

Dan kegiatan ini merupakan kegiatan berlari yang ketiga yang digelar Bogasari dalam rangka menyambut sukacita peringatan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Tepatnya sejak peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2022.

“Inilah modal yang dibutuhkan perusahaan dalam menjaga keberlangsungan usaha. Demikian juga dengan bangsa kita, dalam mengisi kemerdekaan membutuhkan kecepatan dan ketahanan. Makanya Bogasari dalam peringatan HUT 79 RI ini mengusung tema lokal, Merdeka Untuk Maju. Karena kemerekaaan ini diraih para pejuang agar kita bergerak maju, bukan bergerak mundur. Sama seperti olahraga lari,” terang, Wakil Kepala Divisi Bogasari, Erwin Sudharma, Rabu (21/8).

Kegiatan lomba lari nasional Bogasari ini berlangsung serentak di 3 pabrik mulai pukul 06:45 di area pabrik masing-masing. Start pelari di pabrik pusat Jakarta dilepas langsung oleh Wakil Kepala Divisi Bogasari, Erwin Sudharma.

Ratusan karyawan yang mengikuti lomba lari ini dibagi dalam 3 kelompok besar, yakni pria berusia di bawah 45 tahun dan di atas 45 tahun, serta wanita untuk semua usia. Lari 5 Km di pabrik Jakarta diikuti 110 karyawan, 50 orang di pabrik Surabaya dan 38 di pabrik Cibitung, Bekasi.

Berita Terkait :  Kontingen PT Gudang Garam Tebarkan Cahaya Bunga Matahari di Hari Jadi Ke-1145 Kota Kediri

Dari total peserta, paling banyak karyawan pria yang berusia di bawah 45 tahun yakni 139 orang, 33 orang pelari berusia 45 tahun ke atas dan karyawan wanita 29 orang.

Biasanya kegiatan peringatan hari kemerdekaaan khususnya di perusahaan diisi dengan berbagai acara fun games, sedangkan di Bogasari diawali dengan kegiatan lomba lari dan sudah berlangsung sejak tahun 2022.

Alasannya, berlari merupakan salah satu kegiatan olahraga yang dapat menguatkan jantung, otot-otot tubuh, dan pernapasan. Berlari membutuhkan ketahanan (endurance) dan fokus mencapai target.

Kegiatan ini didukung penuh oleh perusahaan, karena seluruh peserta sama sekali tidak dikenakan biaya pendaftatran dan peserta mendapatkan kaus jersey bertema merah putih, snak dan minuman serta hadiah juara untuk setiap kategori.

Selain perebutan juara di tingkat lokal atau masing-masing pabrik, juga ada penghargaan juara tercepat secara nasional dan semuanya diraih oleh pelari dari karyawan Bogasari Jakarta. Untuk kategori pria di bawah 45 tahun diraih Fahrul Al Huda dengan catatan waktu 21 menit, kategori pria di atas 45 tahun dimenangkan Suryanto yang sudah berusia 54 tahun dengan catatan waktu 24 menit, dan kategori pelarti wanita oleh Dea Dwi Putri dengan catatan waktu 34 menit.

“Ini sungguh mengagumkan dan menunjukkan peningkatan secara pencapaian catatan waktu tercepat dari tahun 2022. Semoga ke depan, makin banyak karyawan yang aktif olahraga, karena ibarat pepatah men sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Produktivitas karyawan juga membutuhkan kesehatan dan kekuatan,” jelasnya.

Berita Terkait :  Jaga Keberlangsungan Tradisi Menuju Praktik Lestari di Kabupaten Madiun

Erwin menambahkan, selain lomba lari, secara nasional Bogasari juga menggelar beragam fun games dan upacara pengibaran bendera merah putih di Sabtu pagi (17/8) yang diikuti ratusan karyawan dari berbagai departemen. [riq.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img