32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Kualitas Pembinaan UKM Kota Batu Naik Terbukti dengan Raihan Prestasi


Kota Batu, Bhirawa
Penjabat (Pj) Kota Batu, Aries Agung Paewai terus mendorong semangat Usaha Kecil Menengah (UKM) di kota ini untuk meningkatkan manajemen bisnisnya. Hal ini bertujuan untuk bisa menghasilkan produk yang semakin berkualitas. Upaya ini terbukti sukses dengan berhasilnya UKM Kota Batu mendapatkan penghargaan UKM Berprestasi Tingkat Jawa Timur 2024.

Kali ini prestasi Kita Batu diukir oleh UKM Bumi Aji Sejahtera. UKM ini mampu meraih Juara I Kategori Makanan dan Minuman pada ajang Penghargaan UKM Berprestasi Tingkat Jawa Timur Tahun 2024.

“Selamat kepada UKM Bumi Aji Sejahtera yang berhasil menjadi Juara I. Mudah-mudahan prestasi ini dapat menjadi semangat para pengusaha UKM di Kota Batu untuk mengembangkan bisnisnya, meningkatkan standard produknya dan memperluas penetrasi pemasaran produknya baik di dalam dan luar negeri,” ujar Aries AP, Kamis (1/8).

Diketahui, UKM Bumiaji Sejahtera dikelola sekaligus milik Rakhmad Hardiyanto. UKM ini bergerak di bidang hortikultura dan berhasil mengalahkan empat nominator lainnya. Yaitu PT Rumah Deltasari indah Kab Sidoarjo, CV Bintang Anugrah Kota Mojokerto, Poty Kabupaten Malang dan Clemat Clemut Kota Malang.

Dalam proses mendapatkan penghargaan UKM Berprestasi Jawa Timur 2024 ini, telah dilakukan penilaiannya sejak Juni 2024. Ada sebanyak 195 UKM yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Kemudian dilakukan verifikasi dokumen secara offline terdapat 30 UKM yang lolos pada tahap verifikasi. Selanjutnya dilakukan seleksi lagi hingga terpilih 10 UKM. Kesepuluh kandidat ini terdiri dari l5 UKM bidang Fashion-Kriya, dan lima UKM bidang Makanan-Minuman.

Berita Terkait :  Guru Kecamatan Kauman Tulungagung Jalani Skrining Cegah Diabetes Melitus

Aries AP mengaku bangga dengan prestasi UKM Bumi Aji Sejahtera Kota Batu. Prestasi ini membuktikan pelaku lUKM sebagai sebuah entitas yang mampu menggerakkan potensi sumber daya manusia dan alam untuk memperkuat kemandirian ekonomi daerah.

Apalagi indikator penilaian sangat lengkap meliputi kelengkapan legalitas, proses pemberdayaan masyarakat, rekruitmen karyawan, cara pemasaran, daya juang produksi hingga memastikan usaha mereka ramah lingkungan. Tak ketinggalan kemampuan mengekspor maupun menjual produk ke luar provinsi.

“Dengan berbagai indikator yang dilombakan tentu akan terus mendorong UKM meningkatkan manajemen bisnisnya serta menghasilkan produk yang semakin berkualitas,” harap Aries AP.

Diketahui, Rakhmad Hardiyanto didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kota Batu, Aries Setiawan untuk menerima langsung penghargaan. Adapun penghargaan diserahkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Joko Irianto, mewakili Pj Gubernur Jawa Timur. [nas.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img