28 C
Sidoarjo
Wednesday, October 9, 2024
spot_img

Perbarui Identitas PM, UPT Dinsos Jatim Gelar Perekaman Adminduk

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Bondowoso Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menggelar perekaman Administrasi Kependudukan (Adminduk) untuk para penerima manfaat (PM) lansia.

Perekaman Adminduk merupakan kegiatan yang penting untuk menjamin data kependudukan PM. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kartu identitas e-KTP maupun KK terhadap PM yang sebelumnya tidak memiliki identitas atau memperbarui identitas yang telah dimiliki seperti alamat, status, dan lain sebagainya.

UPT PSTW Bondowoso dalam melaksanakan perekaman Adminduk secara langsung menghadirkan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bondowoso. Yang mana hal ini merupakan salah satu fasilitas dari Dispendukcapil berupa program perekaman Adminduk keliling. Sehingga para PM tidak perlu hadir langsung ke kantor Dispendukcapil.

“Program perekaman ini sangat bermanfaat terutama bagi penerima manfaat. Sebab dari data PM yang ada masih banyak data identitas yang perlu diperbarui. Selain itu bagi PM lain yang belum memiliki identitas bisa mendapatkan NIK yang jelas,” ungkap Pekerja Sosial UPT PSTW Bondowoso Juan Enricho H.

Pada kegiatan ini, UPT PSTW Bondowoso melibatkan kurang lebih 40-50 PM lansia. Di antaranya yang memerlukan pembaharuan identitas, pembuatan identitas baru, hingga pengajuan pindah alamat baru. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap program jaminan kesehatan, seperti BPJS dan program jaminan kesehatan daerah lainnya.

Berita Terkait :  KPU Surabaya Buka Pendaftaran KPPS untuk Pilkada Surabaya 2024

Saat dikonfirmasi pada Selasa (30/7), Kepala UPT PSTW Bondowoso Sukur SSos MSi mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi PM, yang mana mereka akan memiliki identitas yang jelas. “Selain itu, akan sangat mudah bagi kami untuk mengakses mereka kepada program jaminan lainnya sesuai peraturan daerah yang berlaku di Kabupaten Bondowoso,” ujarnya.[rac.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img