33.9 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Kembangkan Wisata Jombang, Inisiasi Virtual Tour Kampung Adat Segunung

Pengabdian Masyarakat Prodi Pariwisata UPN Veteran Jatim

Jombang, Bhirawa
Kampung Adat Segunung telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Memiliki kontur geografis yang berdekatan dengan pegunungan dan perbukitan, destinasi Kampung Adat Segunung memang sangat berpotensi untuk bisa dijadikan sebagai salah satu area wisata populer. Dalam upaya mengembangkan potensi wisata itu muncul inisiatif untuk membuat virtual tour.

Konsep pembuatan virtual tour oleh Program Studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur ini akan berfungsi sebagai media perkenalan antara masyarakat yang ada di Desa Carangwulung, Jombang, dengan calon wisatawan pengunjung atau bahkan masyarakat.

Menurut Supi’i selaku ketua kelompok pengelola Kampung Adat Segunung, pembuatan virtual tour ini akan menambah pengalaman baru, calon wisatawan Kampung Adat Segunung, bisa berselancar di dunia maya, yang selanjutnya dapat betul-betul merasakan adem dan guyubnya kampung disini,

Ketua tim lapangan Muammar menambahkan virtual tour merupakan hal positif, akan tetapi hal ini juga menjadi tantangan baru bagi para akademisi dari UPN Veteran Jawa Timur.

“Segunung dengan lanskap yang pegunungan menjadikan tidak mudah untuk mendapat gambar/footage virtual tour. Masih butuh perhatian ekstra menemukan titik yang tepat,” jelas Muammar lagi.

Dalam kepariwisataan virtual tour dapat menjadi komoditas sendiri, melalui optimalisasi pemanfataan teknologi. Oleh karena itu, program virtual tour yang dilaksanakan oleh tim dosen UPN “Veteran” Jawa Timur Program Studi Pariwisata merupakan manifestasi pengabdian kepada masyarakat yang berpotensi untuk menambah poin fasilitas daya tarik pariwisata di Desa Carangwulung, Jombang.

Program virtual tour juga sejalan dengan program Provinsi Jatim yang menghadirkan virtual tour guna mendongkrak wisatawan. Seperti halnya yang pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah kesempatan bahwa virtual tour banyak digunakan untuk menggambarkan suasana di sebuah lokasi wisata untuk mengimajinasikan sekaligus menggambarkan berbagai video dan media berbasis fotografi dari dekat. [why.rif]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img