28 C
Sidoarjo
Friday, July 12, 2024
spot_img

Sebanyak 3 Ribu Pendaftar Jalani Ujian TMBK di UM


Kota Malang, Bhirawa
Sebanyak 3 ribu pendaftar mengikuti ujian masuk jalur mandiri Universitas Negeri Malang (UM) lewat Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK). Tes itu digelar selama dua hari pada 9-10 Juli.

Koordinator Seleksi Masuk UM, Prof Imam Basuki mengatakan, ujian ini dilaksanakan di 55 ruang berbagai fakultas. Ujian dilaksanakan sebanyak empat sesi. Setiap hari ada dua sesi pada pukul 08.00 dan pukul 13.00 WIB. Sedangkan pengumuman hasil ujian ini akan dilaksanakan pada 17 Juli 2024. TMBK di UM merupakan tes yang terakhir digelar, karena sebelumnya telah dilaksanakan di empat kota lain.

“Sudah dilaksanakan di Makasar diikuti 30 peserta TMBK, Kota Balikpapan dan Jogjakarta, masing-masing diikuti 150 peserta dan Jakarta diikuti 300 peserta TMBK,” ujar Imam.

Prof Imam menjelaskan, UM sudah mengumumkan tiga jalur seleksi mandiri pada 8 Juli 2024. Yaitu jalur skor UTBK, leadership dan prestasi lomba. Untuk seleksi mandiri, UM total akan menerima 5.060 orang. Khusus untuk jalur skor UTBK ini peminat cukup tinggi mencapai 9.656 orang dengan pagunya hanya 2.510 peserta.

“Kalau jalur leadership, lanjutnya daya tampungnya 206. Jumlah pendaftar ada 291 dan yang diterima 121 orang. Jalur leadership ini dibuka untuk pemimpin organisasi di sekolah seperti ketua/wakil OSIS, Pramuka dan lainnya.Jalur leadership ini meski daya tampung besar tapi yang diterima lebih sedikit karena ada yang tak memenuhi syarat dan mungkin ada yang coba-coba,” jelasnya.

Berita Terkait :  Tingkat Pendidikan di Kota Blitar

Sementara jalur prestasi lomba jumlah pendaftarnya 704 orang, tetapi yang diterima 355 orang. Total yang diterima di tiga jalur mandiri ada 2986 Cmaba. Terkait prodi pilihan peserta jalur mandiri masih sama dengan seleksi nasional lainnya di SNBT dan SNBP yaitu Psikologi, Manajemen, PGSD, Teknik Informatika. Prodi yang diminati tetap sama, sementara prodi lain ada yang kurang diminati.

Sementara itu, Universitas Brawijaya (UB) juga sudah mengumumkan hasil seleksi jalur mandiri jalur prestasi rapor pada 8 Juli lalu. Di jalur mandiri ini ada tiga jalur seleksi yaitu nilai rapor, prestasi lomba dan skor UTBK SNBT.

Wakil Rektor I UB, Prof Imam Santoso mengatakan, jumlah mahasiswa baru yang diterima di jalur mandiri ini ada 5.800 mahasiswa. Dari jalur nilai rapor, pendaftar berasal dari 3.282 sekolah di 35 provinsi. Kalau untuk mandiri skor UTBK belum diumumkan.

Di jalur mandiri ini peminat tertinggi di eksakta masih di Kedokteran sebanyak 2.388 orang, Kedokteran gigi 1.333 orang dan Teknik Industri 976. Sedang di soshum, prodi Ilmu Hukum masih diminati cukup tinggi yaitu 1.693, Manajemen 1.519 orang dan Administrasi Bisnis 1.450 orang.

“Total jumlah pendaftar pilihan pertama ada 15.337, yang mendaftar dengan dua pilihan sebanyak 29.508. Sebab di Mandiri boleh pemilih dua prodi,” tandasnya. [mut.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru