32 C
Sidoarjo
Wednesday, December 18, 2024
spot_img

Pemkot Pasuruan Wacanakan Bayar Parkir Tepi Jalan Pakai QRIS

Pemkot Pasuruan, Bhirawa.
Saat ini, Kota Pasuruan menunjukkan komitmennya dalam mendukung digitalisasi transaksi pemerintahan. Komitmen itu ditujukan oleh Pemkot Pasuruan yang berhasil mencapai predikat sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) Digital dengan capaian Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sebesar 98,8% pada semester I tahun 2024.

Rincian implementasi ETPD di Kota Pasuruan mencakup elektronifikasi sembilan jenis pajak daerah yang sudah 100% berbasis digital, sebelas jenis retribusi daerah yang juga telah terintegrasi secara elektroni hingga transaksi belanja daerah yang sepenuhnya menggunakan kanal pembayaran digital.

Sejumlah metode pembayaran digital yang diterapkan meliputi QRIS, ATM, SMS banking, hingga platform E-Commerce.

Adanya capaian tersebut, Plt Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo menyatakan pihaknya menyoroti potensi pengembangan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran yang lebih luas.

Yakni, pemanfaatan QRIS termasuk kemungkinan penerapannya sebagai sistem pembayaran parkir. Namun, Pemkot Pasuruan sedang mencari role model dari kota-kota lain yang telah berhasil mengimplementasikan QRIS pada sektor tersebut.

“Kita ingin QRIS dapat diterapkan dengan optimal di berbagai sektor. Termasuk parkir, seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah lain. Kendalanya yang harus diatasi adalah terkait edukasi dan akses masyarakat terhadap QRIS,” ujar Adi Wibowo saat membahas pengoptimalan QRIS untuk transaksi, Selasa (17/12).

Metode QRIS telah digunakan pada retribusi pada sektor pelayanan kesehatan dan pelayanan pasar Karangketug. Sedangkan, kanal pembayaran digital melalui QRIS belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat dikarenakan adanya batas minimum transaksi. “Tentu perlu kita sosialisasikan terhadap masyarakat terkait penggunaan QRIS,” imbuh Adi Wobowo.

Berita Terkait :  Pemkab Sidoarjo Berikan Perlindungan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi 10.931 Ketua RT/RW

Adanya capaian Indeks ETPD yang tinggi, Pemkot Pasuruan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan digital bagi masyarakat. “Salah satunya adalah memperluas cakupan kanal pembayaran digital dan mendorong edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan kemudahan transaksi digital,” papar Adi Wibowo. [hil.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img