35 C
Sidoarjo
Friday, October 11, 2024
spot_img

Produk Kerajinan UMKM di Kabupaten Sidoarjo Dipamerkan di Aston Hotel dan Luminor Hotel


Oleh:
Ali Kusyanto, Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo terus mendorong pemberdayaan UMKM di daerahnya salah satunya denganm memamerkannya di hotel-hotel berbintang.

Setelah di Hotel Aston Sidoarjo, kali ini produk kerajinan dari UMKM Sidoarjo, juga kembali dipamerkan di galery UMKM Sidoarjo yang ada di Hotel Luminor Sidoarjo, jalan Pahlawan Sidoarjo.

Adanya galery produk UMKM di hotel, supaya pengunjung hotel bisa tahu kelebihan dan daya tarik tersendiri dari produk UMKM dari Kabupaten Sidoarjo.

Peresmian galery produk UMKM di hotel Luminor Sidoarjo ini, Selasa (8/10) lalu dihadiri oleh Pjs Bupati Sidoarjo, M.Isa Anshori, sekaligus dilakukan MOU dengan manajemen hotel Luminor Sidoarjo.

Juga hadir dalam kesempatan itu , Sekda Sidoarjo, Fenny Apridawati, Kajari Sidoarjo Roy Rovalino Herudiansyah, Asisten Perekonomian dan pembangunan Sidoarjo, Mahmud, SH,. MM, Kadispora Yudi Irianto, dan General Manager Hotel Luminor serta beberapa pimpinan BUMD Kabupaten Sidoarjo.

Isa ansori dalam kesempatan itu mengatakan Pemekab Sidoarjo memang harus mengambil langkah yang lebih berani dalam upaya membantu berkembangnya UMKM yang ada di kabupaten Sidoarjo.

Karena banyak pelaku UMKM dari Kabupaten Sidoarjo yang hasil produknya tidak kalah dari daerah lain. Pemerintah kepada pelaku UMKM ini, harus memberikan bantuan/subsidi proses pengolahan, pengemasan serta pada pemasarannya.

“Selain dipasarkan secara lokal, pemerintah juga harus bisa mengajak pelaku UMKM memasarkan di luar daerah, mengikutsertakan pada even-even pameran di luar daerah, agar lebih dikenal

Berita Terkait :  Pimpinan DPRD Kabupaten Jombang Resmi Dilantik

Beberapa produk ekonomi kreatif kriya yang terkenal dari Sidoarjo yang dipajang di galery hotel Luminor Sidoarjo itu, diantaranya adalah Kain batik. Aksesori yang terinspirasi oleh budaya lokal, seperti baju, tas, dompet, dan aksesori yang dibuat oleh desainer lokal.

Dan produk kulit dari tanggulangin yang telah mendunia. Souvenir dan kerajinan khas yang menggambarkan ciri khas sidoarjo, seperti magnet kulkas, gantungan kunci. Juga produk lain seperti olahan makanan yang tak kalah rasanya dengan produk luar.

Sekda Sidoarjo, Feny Apridawati, dalam kesempatan itu mengatakan hasil kriya atau kerajinan tangan, hasil produk UKM Sidoarjo siap jika digunakan sebagai oleh-oleh dengan pemesanan by phone dan akan segera sampai kepada hotel pemesan.

“Kami harap di hotel lainnya di Sidoarjo bisa seperti di hotel Luminor dan Aston ini, karena jumlah hotel di Sidoarjo cukup banyak, bisa sebagai tempat galery untuk produk UMKM dari Sidoarjo,” kata Feny. [gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img