30 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Hari ini Angkutan Gratis untuk Pelajar di Bojonegoro Mulai Beroperasi


Bojonegoro, Bhirawa
Angkutan gratis untuk para pelajar yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan beroperasi per 1 Oktober hari ini. Sebanyak 1.038 pelajar mendapat layanan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengatakan angkutan gratis ini diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMP maupun SMA. Ia berharap fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Jadwal layanan, yakni pagi mulai pukul 05.30-07.30 wib dan sore mulai pukul 11.00-15.30 wib,” ungkapnya, kepada Bhirawa kemarin (30/9).

Andik menuturkan, program angkutan pelajar gratis ini diwujudkan dengan sponsorship dari Bank Jatim bekerja sama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) setempat.

Layanan angkutan gratis pelajar ini melibatkan 74 armada mobil penumpang umum (MPU) dari Organda Bojonegoro yang selama ini sudah beroperasi secara konvensional. Para pelajar mendapat manfaat program ini di empat rute pulang-pergi (PP).

“Keempat rute itu yakni Jalan Raya Bojonegoro-Baureno, Jalan Raya Bojonegoro-Padangan, Jalan Raya Bojonegoro-Temayang, dan seputar Perkotaan Bojonegoro,” ujarnya.

Program ini menyasar 1.038 pelajar yang akan terlayani oleh 74 armada MPU bebas bayar. Mereka merupakan para pelajar di dua tingkat pendidikan. Yaitu pelajar SLTP dan SLTA sederajat.

“Kami sudah bekerja sama dengan dinas terkait untuk pendataan para pelajar. Kami juga sudah menyediakan aplikasi agar para pelajar yang mengakses program ini dapat terdata,” ujarnya.

Program angkutan pelajar gratis, kata Andik, tujuannya untuk mengurangi beban biaya transport pelajar, selain menurunkan angka kecelakaan pelajar dari resiko laka lantas di jalan raya dalam perjalanan pulang-pergi (PP) ke sekolah dan mempertahankan operasional MPU di Bojonegoro.

Berita Terkait :  H3 Surabaya dan PFI Surabaya Gelar Pelatihan Street Photography di Kota Lama Surabaya

“Karena program angkutan pelajar gratis ini langsung menyentuh publik, maka publik kiranya perlu memberi masukan. Agar, program ini benar-benar berjalan baik,” tandasnya.

Andik berharap, program angkutan pelajar gratis berlangsung lancar, sehingga realisasi riilnya di waktu mendatang juga berjalan dengan lancar. [bas.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img