30 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Difasilitasi Kemenprin-DPR RI FPKB, 300 WUB-IKM di Tuban Ikuti Bimtek

Tuban, Bhirawa.
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia bersama Hj. Ratna Juwita Sari, S.E., M.M. (Anggota DPR RI Komisi VII F-PKB) adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang Wira Usaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Tuban.

Bimtek yang dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 27-30 September 2024 oleh Direktorat Jenderal Industri Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian ini diikuti oleh 300 WUB-IKM yang tersebar di Kabupaten Tuban.

300 peserta WUB-IKM ini dikelompokan menjadi 15 kelompok disesuaikan dengan usah adan atau rintisan usaha peserta pelatihan, mulai dari Batik Sintetis, Pakaian Jadi, Pupuk Organik, Anyaman Bambu, Kerajinan Kayu, Pengelasan, Servis Alat Rumah Tangga, Pemasaran Online, Bengkel Roda Dua.

Selanjutnya kelompok bimtek WUB-IKM yang lain adalah Servis AC, Pembuatan Pastry, Pengolahan Hasil Pertanian (Umbi-Umbian), Pakan Ternak dan terakhir Barista Kopi. “Seperti Bimtek Barista Kopi, sebelumnya kami mengamati, ternyata penikmat Kopi serta warung dan Kedai Kopi di Jawa Timur ini sangat banyak, utamanya di daerah Pantura, hampir setiap sudut-sudut dan lorong kota ada Kedai Kopi,” Kata Anggota DPR RI Komisi VII F-PKB Hj. Ratna Juwita Sari, S.E., M.M. saat dikonfirmasi Bhirawa Senin, (30/9).

Lebih lanjut anggota DPR RI dari F-PKB yang hari ini (01/10/2024.red) kembali dilantik menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Bojonegoro dan Kabupaten Tuban untuk yang kedua kalinya ini, mengajak WUB-IKM yang menekuni dunai Barista Kopi untuk mengikuti bimtek dan mendalami ilmu tersebut.

Berita Terkait :  Strategi Kemnaker Kejar Target 100 Ribu Penempatan Pekerja Migran ke Jepang

“Biasanya yang senang Ngopi juga senang diskusi adalah teman-teman aktivis mahasiswa dan mantan aktivis mahasiswa, oleh karena itu mengajak sahabat-sahabat IKA PMII Tuban untuk mengirimkan anggotanya,” terang Mbak IYA panggilan akrab Ratna Juwita Sari.

Selain Bimtek, para peserta ini selain mendapatkan Transport, juga dibuatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat sebagai lisensi kalau peserta Bimtek ini sudah dianggap layak dan atau kompeten di bidangnya.

Sementar itu, Sekretaris Umum Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA PMII) Kabupaten Tuban Irhamsyah.,S.Pd berterimakasih pada Kementerian Perindustrian yang telah memberikan Bimtek, khususnya Anggota DPR RI Komisi VII F-PKB, Hj. Ratna Juwita Sari, S.E., M.M. yang telah memfasilitasi penuh semua peserta khususnya kader alumni PMII.

“Terimakasih Mbak IYA, yang pasti kader dan alumni PMII itu tidak hanya konsen dan tersebar di dunia politik saja, tapi juga tidak sedikit yang bergerak pada dunia pendidikan, serta kewirausahan, dll, sekali lagi terimakasih atas dukungannya,” kata Irhamsyah. [hud.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img