Petugas BPJS kesehatan
Gresik, Bhirawa.
Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan), satu langkah terbarunya adalah kehadiran program JELITA (Jenis Layanan Rekrutmen dan Reaktivasi Peserta). Dirancang khusus untuk mengoptimalkan proses rekrutmen, dan reaktivasi peserta BPJS Kesehatan melalui layanan outboundcall.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik Janoe Tegoeh Prasetijo mengatakan, bahwa
peserta akan dihubungi melalui nomor telepon 165 oleh petugas JELITA, pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau mandiri. Lupa kode virtual account belum melakukan pembayaran pertama, masa tunggu selama 14 hari bisa melakukan pembayaran pertama pada hari ke-14. Tidak perlu khawatir, pembayaran pertama langsung aktif bisa langsung dimanfaatkan pelayanan.
“Layanan proaktif BPJS Kesehatan, bertujuan menjaga keaktifan kepesertaan para pesertanya. Dengan kepesertaan aktif, terhindar dari kendala akses jaminan kesehatan di fasilitas kesehatan. Peserta aktif juga menjadi syarat administrasi, untuk pengurusan sejumlah administrasi publik seperti SKCK,”ujarnya.
Apabila sesuai indikasi medis peserta tidak bisa ditangani di FKTP, maka peserta akan diberikan rujukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Sedangkan untuk kasus gawat darurat, peserta bisa langsung akses layanan kesehatan ke FKRTL.
Ditambahkan Janoe, bahwa program JELITA memberikan layanan perubahan peserta non aktif menjadi aktif kembali. Dengan inovasi ini, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan peserta.
Salah satu peserta yang telah merasakan layanan JELITA Hilda Azhura mengatakan, bahwa
apresiasi atas inovasi efisiensi memberikan layanan. Petugas sangat responsif dan informatif, dalam memberikan penjelasan terkait Program JKN. Menjelaskan secara rinci bagaimana cara mengaktifkan kembali, hanya melalui saluran telepon. (kim.hel)