Kab Malang, Bhirawa.
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang melakukan perbaikan pipa distribusi air, hal ini merupakan pelayanan kepada pelanggan. Sedangkan perbaikan pipa tersebut di wilayah Unit Sawojajar, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Sehingga dengan perbaikan tersebut, pelanggan diminta untuk menandon air.
“Perbaikan pipa distribusi air dikarenakan adanya gangguan aliran air, pada Selasa (17/9). Dan selama perbaikan pipa distribusi, tentunya adanya gangguan aliran air ke rumah warga atau pelanggan air bersih Perumda Tirta Kanjuruhan,” terang Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Kanjuruhan M Harris Fadillah, Selasa (17/9), kepada wartawan.
Menurutnya, dalam perbaikan pipa distribusi tersebut, pihaknya sudah memberikan pengumuman kepada pelanggan di wiayah Desa Mangliawan. Dan perbaikan itu akan berlangsung selama 8 jam. Selanjutnya, untuk normalisasi aliran air akan berlangsung selama 24 jam. Sementara, jika perbaikan sudah selesai, maka distribusi air akan kembali di alirkan ke rumah pelanggan atau kembali normal. Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada pelanggan, selama dilakukan perbaikan pipa agar menandon air sesuai dengan kebutuhannya.
Selain itu, kata Harris, Perumda Tirta Kanjuruhan juga akan melakukan droping air bersih ke wilayah terdampak, dengan menggunakan truk tangki. Hal ini kita lakukan agar pelanggan bisa menandon air, agar tidak kesulitan dalam menadapatkan air bersih selama perbaikan pipa.
Sebelum melakukan perbaikan distribusi pipa di wilayah Desa Mangliawan, pihaknya melakukan perbaikan pipa di wilayah Desa Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. “Perbaikan pipa di Desa Malangsuko tersebut, karena salah satu pipa distribusi yang mengalirkan air dari Mata Air Sumberpitu, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang pecah dan harus dilakukan pergantian pipa baru,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Harris juga mengatakan, saat dilakukan perbaikan pipa, pihaknya juga melakukan droping air kepada pelanggan, baik kepada pelanggan di Desa Malangsuko maupun Desa Mangliawan. Dan ada tiga truk tangki air untuk mendroping air bersih, guna untuk tetap memberikan pelayanan kepada pelanggan ketika ada saluran distribusi air mengalami kerusakan. Meski ada perbaikan pipa, pelanggan masih bisa mendapatkan air bersih. Sehingga tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan dapur.
“Kami terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan. Karena kepuasan pelanggan menjadi utama dalam melayani distribusi air bersih. Dan pihaknya juga melayani masyarakat yang mengalami dampak kekeringan akibat musim kemarau, yang kita siapkan truk tangki selama 24 jam,” tuturnya.[cyn.ca]