28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Dalam Tiga Tahun Wali Kota Eri Bangun 16 Rumah Pompa Baru

Surabaya, Bhirawa
Wali Kota Surabaya,EriCahyadi,menunjukkankomitmennyamengatasibanjirdangenangandenganmembangun 16 rumahpompabarudalamtigatahunterakhir. LangkahinimerupakanbagiandariupayaPemerintah Kota (Pemkot) mengurangirisikobanjirdanmeningkatkaninfrastrukturdrainase di Surabaya.
Hal itudiungkapkanWali Kota EriCahyadisaatmeninjauRumahPompaBulak, di KecamatanBulak,Jumat (13/9) lalu.Rumahpompainisalahsaturumahpompabaru yang dibangunPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Rumahpompainibergunauntukmengurangibanjir di wilayahNambangan, TambakDeres, hingga Bulak.
Wali Kotamenyebutkan, komitmenPemkotdalammengatasibanjir di Surabaya hinggakinimasihterusdilakukan. Hal itudapatdibuktikandenganterbangunnya 16 rumahpompabaru yang tersebar di seluruhwilayah Surabaya.
Takbutuhwaktu lama, hanyadalamtigatahunpemkotberhasilmembangun 16 rumahpompabaru di Surabaya. Nah, salahsatunyaadalahRumahPompaBulak yang dibangun di wilayahKecamatanBulakini.
”Inirumahpompabaru, alhamdulillahmulai 2023 sampai 2024 inikitasudahmembangun 16 rumahpompa. Rumahpompa se-Surabaya ituawalnyasekitar 61, nah inidalamwaktu 3 tahun kami sudahmembangun 16 rumahpompabaru,” katanya.
Wali Kota Surabaya yang akrabdisapaCakEriCahyadiitumenjelaskan, Surabaya tidakbisakalautidakmembangunrumahpompa.Karena, rumahpompainiberfungsiuntukmempercepatlaju air daridaratankotamenujukelautketikaterjadibanjirdangenangan.
”Salahsatucaranyadenganmembangunrumahpompa. Kalaukitamenggunakangravitasiatauelevasi, itumenjadi lama (surut),”jelasCakEri.
Nantinya, lanjutCakEri, rumahpompa yang sudahdibanguniniakandievaluasisetelahmusimhujan. Tujuannyaadalahuntukmemastikan, apakahrumahpompainiberjalanmaksimalataumasihmembutuhkandayaserap yang lebihbesarlagi. Jika di tahuninidirasakurangmaksimal, makapadatahun 2025 mendatangakandilakukanpenambahanmesinpompaberukuranlebihbesar.
Denganpenambahanmesinpompa, makadayaserap air akansemakinbesarsehinggabanjirdangenangan di Kota Surabaya akanlebihcepatsurut.
”Iniada yang 3 kubik, InsyaAllah di tahun 2025 adatambahan yang 5 kubik, jadiadaduapompa. Kita lihatdahulunanti di 2025, kitatambahkan yang 5 kubik, jadinanti total ada 8 kubik. Sambilkitalihatapakahsudahbisamengurangi, makanyakajian-kajianitusayaterapkanbetul,” paparnya. [dre.fen]

Berita Terkait :  18 Kursi Legislatif Nyatakan Dukung Yes - Dirham

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img