28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Polresta Madiun Tunjukkan Kesiapsiagaan Petugas Kawal Pilkada

Kota Madiun, Bhirawa
Polres Madiun Kota terus berkomitmen menjaga kondusifitas kota. Khususnya, menjelang pelaksanaan Pilkada November 2024 mendatang. Seluruh personel pun telah siap menghadapi berbagai skenario konflik yang berpotensi terjadi.

Hal inipun ditunjukkan oleh anggota Polres Madiun Kota dengan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang berlangsung di lapangan Sat Brimob Polda Jatim Batalyon C Pelopor Jalan Setia Budi, Kelurahan Mojorejo, Kota Madiun pada Kamis (8/8).

Mulai dari potensi konflik pada pendistribusian surat suara ke TPS, pengamanan jalannya kampanye, pengawalan kegiatan pencoblosan di TPS, hingga potensi kerusuhan. Semuanya dijabarkan melalui aksi teatrikal yang melibatkan personel dari Polres Madiun Kota, Pemkot Madiun, KPU, dan Bawaslu untuk menunjukkan kesiapsiagaan petugas terhadap berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi.

“Melalui kegiatan ini kami harap seluruh stakeholder terkait memahami tugas dan fungsinya sehingga bisa mengawal jalannya Pilkada 2024 dengan tertib dan aman,” ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto.

Personel Polres Madiun Kota dalam hal ini tidak hanya polisi pria saja yang bertugas melakukan pengamanan. Namun, juga polisi wanita (Polwan) turut siap siaga menangani potensi gangguan kamtibmas dengan dibekali alat perlindungan diri dan jurus bela diri.

Tak hanya itu, petugas TPS juga mendapatkan materi terkait hal-hal yang harus dilakukan jika menemukan pelanggaran. Misalnya, pemilih ganda dalam pemilu. Kapolres Madiun Kota, menambahkan, situasi dan kondisi di Kota Madiun saat ini terpantau cukup kondusif. Karenanya, dia berharap kondisi saat ini dapat terus terjaga hingga pelaksanaan Pilkada nanti.

Berita Terkait :  Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan Anubhawa Sasana

“Saya imbau semua stakeholder, masyarakat,dan media untuk bersama-sama kita menjadi cooling system. Jangan sampai ada percikan kecil yang nantinya menimbulkan konflik yang lebih besar,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0803 Madiun Letkol Inf. Meina Helmi menyatakan dukungannya terhadap Polri dalam upaya menjaga keamanan wilayah. “Prinsipnya personel kami siap. Baik darat maupun udara. Semua berkomitmen untuk menjaga Kota Madiun tetap aman, nyaman, kondusif, dan damai,” tandasnya.[dar.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img