28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pj Bupati Bondowoso Apresiasi Warga Kecamatan Curahdami Gelar Hiburan Seni Secara Swadaya

Bondowoso, Bhirawa
Pemerintah Kecamatan Curahdami menggelar hiburan seni berupa pertunjukan rakyat “Macanan Kombeng Lereng Argopuro” di Pendopo Kecamatan setempat, pada Sabtu (3/8) malam. Dengan melibatkan puluhan pelaku seni dan tokoh pemuda di wilayah tersebut.

Bahkan, informasi dihimpun, mereka menjadi penampil dalam acara yang didanai dari swadaya masyarakat. Mereka tampil dan latihan dengan dana sendiri. Bahkan, wadrobe, make up, hingga kreasi panggung juga didanai sendiri.

Camat Curahdami, Yordania Taufik Islami, mengatakan seluruh kegiatan ini pun tak menggunakan anggaran APBD. Melainkan urunan dari masyarakat. Tujuannya yakni untuk memberikan hiburan pada masyarakat. Sekaligus, mau membantu pilar budaya Ijen Goepark. “Kita mau membranding identitas kopi Hyang Argopuro. Sudah 3 tahun, ditetapkan oleh Dirjen HAKI. Udah punya indikasi geografis,” ungkap Yordan sapaan karibnya itu.

Ia menyebut pihaknya juga melalui pertunjukan ini memberikan pesan-pesan lingkungan yang dimasukkan dalam tarian atau pun pantun. Seperti pesan agar menjaga alam dan menjaga kebersihan lingkungan. “Ini sudah 2 tahun. Rentetan berikutnya ada sedekah alam tanggal 14, ini rentetan dari Festival Bumi Argopuro di Kecamatan Curahdami. Sekaligus HUT Kemerdekaan RI,” terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso, Muhammad Hadi Wawan Guntoro, mengatakan apresiasinya atas pelaksanaan hiburan rakyat tanpa anggaran APBD ini. Karena untuk sekelas kecamatan bisa menyelenggarakan kegiatan spektakuler seperti ini sungguh luar biasa. Lebih-lebih, konsep acaranya dengan memasukkan teknologi, budaya, bahkan sajian kopi dari Bondowoso semuanya masuk. “Inovasi tidak selalu mahal. Inilah demokrasi dan inilah gotong royong,” kata pria asal Kabupaten Jombang.

Berita Terkait :  Sidang Lanjutan Terdakwa Pj Kades Ragung, Anggota Polisi dan Wartawan Jadi Saksi

Menurut Hadi Wawan Guntoro, lahirnya kegiatan ini juga hasil dari sinergi tanpa syarat dan silaturahmi tanpa batas. Bahkan, dirinya ingin membawa kreatifitas ini ke tingkat kabupaten sebagai agenda rutin.

Hak itu sebagai upaya branding Bondowoso. Sekaligus memberi ruang pada masyarakat untuk tampil dan menonjolkan budaya, kulinernya, kopinya. “Ini potensi luar biasa, dan bagi saya ini kelasnya bukan kecamatan sebenarnya. Ini keren,”paparnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Bondowoso juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kedamaian, kerukunan di tengah-tengah pelaksanaan Pilkada 2024 ini. “Semuanya tetap damai, tetap rukun,” tandasnya. [san.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img