26 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Puluhan Siswa SD – SMP di Kota Madiun Ikuti Lomba Musabaqoh Syarhil Quran


Kota Madiun, Bhirawa
Lantunan Ayat Suci Alquran menggema di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun, Rabu (31/7). Hal ini lantaran di lokasi itu sedang berlangsung lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) tingkat kota jenjang SD-SMP.

Puluhan siswa dari berbagai sekolah berlomba menampilkan penampilan terbaiknya dalam menghafal salah satu ayat pilihan dalam Kitab Suci Alquran. Tak hanya melantunkan hafalan, mereka juga dituntut untuk menterjemah sekaligus menjelaskan pokok kandungan ayat yang dibacakan.

Kepala Bidang Kurikulum Bahasa dan Sastra, Slamet Hariyadi mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk implementasi kurikulum Merdeka Belajar. Yakni dengan memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk berkompetisi di bidang keimanan dan ketaqwaan.

“Ini sudah kali kedua Dinas Pendidikan menggelar lomba MSQ. Harapannya bisa lahir bibit-bibit berprestasi di bidang agama utamanya Islam,” ungkapnya.

Tak hanya mewujudkan kurikulum merdeka belajar, kegiatan ini sekaligus untuk mengukur kualitas pembelajaran baik korikuler ataupun kokurikuler khususnya dimensi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kegiatan ini, lanjutnya, juga bekerjasama dengan MGMP PAI, KKG PAl serta para juri dari lembaga Tahfidz Alquran. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta, didik di Kota Madiun telah mencapai tingkat karakter Mahir dalam bidang baca tulis dan kemampuan hafalan Juz Alquran, terjemahan, serta pemaknaan ayat/surah dalam kehidupan sehari hari. [dar.fen]

Berita Terkait :  Digelar Dindik Jatim, Ratusan Guru Unjuk Prestasi di Gempita Award

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img