28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Delegasi Maldives Studi Banding Perpustakaan di Surabaya


Surabaya, Bhirawa
Petra Christian University (PCU) kedatangan dari Maldives National University yang ingin studi banding memperkaya dan melakukan pengembangan perpustakaannya, di Laboratorium T-D, Gedung T lantai 4, kampus PCU, Surabaya.

Sebanyak 22 orang dari Maldives National University mengikuti Maldives Library and Information Professional Development Program. Kegiatan ini terjadi berkat kerja sama antara Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur dengan Maldives Library Association (MILA).

Kepala Perpustakaan PCU, Dian Wulandari S IIP menjelaskan, sebanyak 22 orang dari Maldives National University akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pengembangan perpustakaan mereka.

“Mulai dari mahasiswa, dosen, pustakawan hingga calon pustakawan tak hanya belajar mengenai manajemen perpustakaan saja, tapi mereka juga berkesempatan bertukar pengalaman dengan para pustakawan Indonesia,” tambah Dian.

Delegasi Maldives ini saat di PCU akan mengikuti ‘Workshop on Librarian Role in Research Support Services’ para peserta diajak mengenal apa itu Research Support Service atau disingkat RSS, dan layanan apa saja yang bisa mendukung penelitian yang ada di universitas.

“Peserta kami ajak praktik secara langsung tentang bagaimana memberikan layanan dukungan penelitian di era digital saat ini, serta melihat research gap dan novelty atau keterbaruan topik penelitian melalui aplikasi VOSViewer,” ungkap Chandra Pratama Setiawan MSc, Pustakawan dan Ranking Manager PCU.

Assistant Professor Maldives National University (MNU), Aminath Riyaz mengungkapkan, pihaknya senang datang ke PCU untuk belajar, apalagi tahun lalu MNU baru saja punya lulusan angkatan pertama di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. ”Jumlah pustakawan professional librarian masih belum banyak di tempat asalnya,” katanya

Berita Terkait :  Koramil Trowulan Bekali Wasbang dan Bahaya Narkoba di MPLS MA Al Ittihad

Aminath menambahkan, berharap dengan kerja sama ini, mereka dapat banyak belajar hal baru dan menerapkannya ketika kembali ke Maldives. [ren.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img