24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Kasal Resmikan Gedung SMPS Guna Tingkatkan Skill Prajurit Kapal Selam

Kasal, Laksamana TNI Muhammad Ali meninjau ruang storage/UUT gedung Submarine Machinery Propulsion System Simulator Koopskasel Koarmada RI, Jumat (19/7). Foto: abednego/Bhirawa.

Surabaya, Bhirawa.
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan gedung Submarine Machinery Propulsion System Simulator (SMPS) Koopskasel Koarmada RI, Jumat (19/7). Gedung SMPS yang berada di Kesatrian Koopskasel, Koarmada II, Ujung Surabaya ini bertujuan untuk latihan dan meningkatkan profesionalisme prajurit kapal selam.

“Harapannya, gedung SMPS ini bisa dimanfaatkan oleh para pengawak kapal selam dalam meningkatkan skill dan profesionalitas dari prajurit Hiu Kencana,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dijelaskannya, SMPS ini dibangun persis seperti apa yang ada di kapal. Sehingga bisa menambah kepercayaan diri bagi para pengawak kapal selam dalam mempraktikkan bagaimana bisa menghidupkan sistem pendorongan di kapal dan permesinan di kapal. Serta sistem kompresor yang ada di kapal selam.

Pihaknya pun menambahkan, SMPS ini persis seperti yang ada di kapal selam kelas Nagapasa-403. Dengan harapan bisa bermanfaat semaksimal mungkin dan digunakan oleh para pengawak kapal selam.

“Simulasi ini diharapkan dapat mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional dan tangguh. Dengan didukung kemajuan teknologi modern,” harapnya.

Simulator ini, sambunggnya, permesinannya sudah menggunakan sistem digital. Sehingga bisa merefleksikan seperti apa yang ada di laut. Bagaimana para pengawak kapal selam ini bisa mengatasi permasalahan-permasalahan seperti blackout, dan tahu apa yang harus dikerjakan.

Berita Terkait :  Kapolri Berikan Penghargaan Polres Mojokerto Kota 'Kategori Pelayanan Prima'

“Apabila terjadi kejadian-kejadian kedaruratan lainnya, ini juga bisa diatasi di sini. Sehingga nanti di kapal dia lebih percaya diri dalam mengoperasikan atau mengawaki kapal selam Nagapasa,” pungkasnya.

Keberadaan simulator SMPS ini melengkapi beberapa simulator yang sudah dimiliki Koopskasel. Diantaranya Submarine Control Simulator (SCS), Submarine Sonar Simulator (SSS), Submarine Command Team Trainer (SCTT) dan Submarine Fire Damage Control Trainer (SFDCT).

Hadir dalam peresmian SMPS ini, diantaranya Pejabat Utama Mabesal; Pangkoarmada, RI Laksdya Denih Hendrata; Dankodiklatal, Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah. Kemudian Pangkoarmada II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo; Gubernur AAL, Laksda TNI Supardi dan Komandan Komando Operasi Kapal Selam (Dankoopskasel) Koarmada RI, Laksma TNI Indra Agus Wijaya. (bed.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img