25 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

UMKM Sidoarjo Eksport Empat Kontainer Produk Komestik ke Malaysia

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Didi Sumedi, didampingi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, melepas eksport perdana. [ alikusyanto/bhirawa].
Sidoarjo,Bhirawa.
Saat ini sudah ratusan produk UMKM di Kabupaten Sidoarjo sudah mampu merambah ekspor luar negeri.Jumlah tepatnya ada 300 produk UMKM. Selama ini difasilitasi Surabaya Ekspor Center.

PT. Wahana Kosmetika Indonesia, Senin (8/1) kemarin, menambah banyak UMKM Sidoarjo yang berhasil eksport. Perusahaan kosmetik yang berawal dari industri rumahan itu, kemarin, eksport perdana produknya ke negara Malaysia.

Hadir dalam eksport perdana ke negara Malaysia tersebut, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Didi Sumedi, yang didampingi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, di pergudangan Gedangan Permai Sidoarjo.

Didi Sumedi dalam kesempatan itu mengatakan sampai akhir tahun 2023 lalu, Indonesia surplus perdagangan sebesar 33,6 milyar US$. Capaian itu, terus didapat sejak 4 tahun terakhir ini. Hal tersebut menurutnya, karena resilensi ekonomi di Indonesia sudah cukup tinggi.

Menurut Didi, kondisi surplus perdagangan tidak terlepas dari aktivitas ekspor. Seperti yang dilakukan PT. Wahana Kosmetika Indonesia dari Kabupaten Sidoarjo itu. Dalam eksport perdana produk kosmetiknya, kemarin, ada sebanyak empat kontainer. Bila dihitung, nilainya mencapai 7 juta Ringgit Malaysia atau Rp. 20 milyar.

“Pemerintah pusat akan terus mendorong ekspor produk tanah air ke luar negeri seperti ini,” katanya.

Pasar di Malaysia itu, kata Didi, hasil komunikasi kerja antara produsen dalam hal ini PT. Wahana Kosmetika Indonesia dengan Susanto Lee – Direktur Distributor Kara Marketing Malaysia, dengan atase RI di Malaysia yang terus bekerja untuk mencarikan pasar di negara tetangga itu.

Menututnya pemerintah akan terus berniat membantu merambah ke pasar Brunai, Vietnam dan beberapa negara ASEAN lainnya.

Founder PT Wahana Kosmetika Indonesia, Yuniati Sastrakusuma, menyampaikan bahwa perusahaan yang didirikannya berawal dari skala home industri.

Perusahaannya itu dirintisnya sejak tahun 2002. Atau sudah 22 tahun lalu. Pertama kali, hanya 38 karyawan yang dimilikinya.

“Kami bersyukur perusahaan ini sudah berdiri sejak 22 tahun silam, dan saya sendiri sudah tidak bisa lagi mengenali satu persatu karyawan saya, karena sudah tersebar di seluruh Indonesia,”ucapnya.

Dalam Pelepasan Ekspor Perdana PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia itu, juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Ekspor Manfaktur Kementerian Perdagangan RI Dewi Rochayati, Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur – Deden Muhammad Fajar Shiddiq, Ketua Komite Tetap Promosi dan Pemasaran Luar Negeri- Fernanda Reza Muhammad.

Kemudian juga ada, Direktur Distributor Kara Marketing Malaysia – Susanto Lee serta Kabid Pengembangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur – E. Lucky dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo – Widiyantoro Basuki. (kus.bb)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru