30 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Porwakot Perdana Sukses Digelar di Kota Batu


Kota Batu, Bhirawa
Seksi Wartawan Olah Raga (SIWO) Kota Batu sebagai bagian dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya sukses menggelar Pekan Olah Raga Wartawan Tingkat Kota (Porwarkot) 2024, Sabtu, (6/7).

Gelar pertandingan olah raga para insan pers ini dibuka dan dilaksanakan di Taman Rekreasi Selecta sebagai bentuk dukungan SIWO Kota Batu terhadap sport tourism yang tengah digencarkan pemerintah kota setempat.

Para atlet peserta Porwakot yang juga jurnalis ini dapat berkompetisi olahraga sembari menikmati berbagai potensi pariwisata di Kota Batu. Total ada 30 atlet turut berpartisipasi menyemarakkan Porwarkot perdana di Kota Batu ini.

“Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwakot SIWO Kota Batu ini antara lain, lomba Catur yang berlangsung di Taman Rekreasi Selecta dan Tenis Lapangan di Hotel Jambuluwuk Resort Kota Batu. Event olah raga lain seperti night run atau lari di malam hari akan digelar SIWO Kota Malang di kota setempat,” ujar Ir Cahyono, Ketua PWI Malang Raya, Sabtu (6/7).

Sementara, Asisten SDM Administrasi dan Kemasyarakat Penkot Batu, Supriyanto yang mewakili Pj Wali Kota Batu menyampaikan apresiasi atas dukungan insan pers dalam menggaungkan sport tourism di Kota Batu. Ia berharap agenda ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan.

“Diharapkan Porwarkot dapat membawa dampak positif kepada dunia olahraga Kota Batu yang juga sedang menggaungkan sport tourism. Tunjukkan sportivitas, semangat juang prestasi, dan tetap fair play,” ajak Supriyanto.

Berita Terkait :  Disdikbud Pamekasan Lepas Kontingan O2SN dan FLS2N

Ditambahkan Dirut TR Selecta, Sujud Hariadi, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para insan pers yang telah memberikan kepercayaan kepada Taman Rekreasi Selecta menjadi venue event olahraga tingkat Malang Raya. ”Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, apalagi juga selaras dengan komitmen bersama kita untuk mendorong program sport tourism di Kota Batu,” ujar Sujud .

Diketahui, Porwarkot 2024 ini digelar sebagai bentuk implementasi insan pers dalam fungsi edukasi dan mendorong stimulus gaya hidup sehat melalui olahraga. Terutama bagi kalangan generasi muda khususnya para jurnalis.

Dikatakan Ketua Panitia Porwakot Kota Batu, Nurhadi bahwa giat yang dilaksanakannya selaras dengan tujuan Pemerintah Indonesia mewujudkan Generasi Emas 2045. Karena bonus demografi harus diiringi dengan menyiapkan generasi yang sehat dan pendidikan yang optimal.

“Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan pariwisata berbasis sport tourism. Diharapkan kegiatan ini sekaligus membawa dampak terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujar Nurhadi.

Porwarkot menjadi ajang pembinaan olahraga silaturahmi antar wartawan. Beragam kegiatan rutin dilaksanakan SIWO PWI Kota Batu seperti latihan Olahraga Silaturahmi, Pembinaan Olahraga di desa untuk meningkatan SDM di bidang keolahragaan, dan pembibitan atlet dari wartawan.

Sebagai informasi, dalam kejuaraan catur Porwarkot 2024 ini menggunakan sistem Swiss. Panitia mendatangkan wasit atau juri turnamen ini dari Percasi Kota Batu. Sementara untuk pertandingan tenis mendatangkan wasit dan juri dari Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti). Turnamen catur ini memperebutkan hadiah total jutaan Rupiah.

Berita Terkait :  KONI Jatim Finalisasi Atlet dan Pelatih yang Berangkat PON XXI

Sedangkan pertandingan tenis lapangan di Jambuluwuk tidak kalah seru. Pasangan dari kontingen Kota Batu Ary Pungka Aji- Ananto sukses tampil menjadi juara setelah dalam babak final mengalahkan pasangan Kerisdianto-Syahrul. Adapun di posisi juara III disabet oleh pasangan Nugroho- Soleh dari Kota Malang.

Penutupan sekaligus penyerahan hadiah tenis lapangan dilakukan oleh Ketua Pelti Kota Batu, Nurochman. ”Saya kira ini kegiatan perdana yang luar biasa. Semoga tahun depan pertandingan digelar lagi dengan lebih meriah dan sinergi antara teman-teman wartawan Kota Batu dengan Pelti Kota Batu semakin baik,” ujarnya. [nas.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru