25 C
Sidoarjo
Tuesday, July 16, 2024
spot_img

Peningkatan Kapasitas Kebencanaan di Tenpina BPBD Jatim Meningkat 256,3 Persen

Antusiasme siswa siswi sekolah dalam pembelajaran kebencanaan di Tenpina BPBD Jatim.
BPBD Jatim, Bhirawa.
BPBD Jatim sukses dalam kegiatan pembelajaran kebencanaan di 2023. Keberhasilan ini dibuktikan dengan peningkatan kapasitas kebencanaan melalui kunjungan di Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina) BPBD Jatim yang mencapai 256,3% selama 2023.

Atas capaian tersebut, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Gatot Soebroto mengaku bersyukur dengan peningkatan tajam tersebut. Karena peningkatan ini berarti, upaya peningkatan kapasitas kebencanaan yang dilakukan BPBD Jatim berlangsung optimal.

“Salah satu yang ditekankan oleh Bapak Presiden dan Ibu Gubernur saat itu adalah peningkatan kapasitas masyarakat,” kata Gatot Soebroto, Minggu (7/1).

Hal itu, sambungnya, selaras dengan arahan Presiden Jokowi saat Rakornas PB dan Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa di awal tahun 2023. Yaitu bahwa program Penanggulangan Bencana saat ini harus lebih ditekankan pada aksi pencegahan dan kesiapsiagaan dibanding dengan aksi tanggap darurat.

“Upaya peningkatan kapasitas kebencanaan ini ternyata semakin diminati masyarakat. Buktinya, sepanjang tiga tahun terakhir, kunjungan masyarakat ke Tenpina selalu mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Gatot mengaku, di tahun 2023 kemarin jumlah kunjungan ke area edukasi kebencanaan ini meningkat tajam. Yaini mencapai sekitar 256,3% dari 1.493 orang di tahun 2022, menjadi 3.828 orang di tahun 2023.

“Jumlah tersebut merupakan kunjungan dari 50 lembaga yang datang ke Tenpina,” ucapnya.

Khusus terkait kunjungan ke Tenpina tahun 2023, Analisis Kebencanaan Ahli Muda bidang Pencegahan, Dadang Iqwandy menambahkan, mayoritas kunjungan ke Tenpina tahun itu didominasi oleh anak-anak usia sekolah TK-SD. Dimana mereka merupakan kelompok rentan saat terjadi bencana.

“Selanjutnya daei kelompok usia SMP, SMA dan para mahasiswa. Ada juga kunjungan dari teman-teman BPBD Kabupaten/Kota dan Provinsi lain. Serta kunjungan dari Tim Tohoku dan Konjen Jepang,” pungkasnya. [bed.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru