28 C
Sidoarjo
Tuesday, July 23, 2024
spot_img

Pastikan Status Istithaah, 271 CJH Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebanyak, 271 CJH dari Kota Madiun dijadwalkan untuk pemeriksaan kesehatan dimulai, Selasa (9/1) ini. Tampak para CJH antri untuk mendapat pemeriksaan penunjang wajib tersebut berlangsung di RSUD Kota Madiun. [sudarno/bhirawa]
Kota Madiun, Bhirawa
Pemberangkatan ibadah haji 2024 masih Mei mendatang. Namun, sejumlah tahapannya telah dimulai dari sekarang. Seperti pemeriksaan kesehatan bagi Calon Jamaah Haji (CJH). Sebanyak, 271 CJH dari Kota Madiun dijadwalkan untuk pemeriksaan kesehatan dimulai, Selasa (9/1) ini. Pemeriksaan penunjang wajib tersebut berlangsung di RSUD Kota Madiun.

”RSUD Kota Madiun telah ditetapkan oleh Dinkes (Kota Madiun) untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan CJH 2024. Untuk gelombang pertama ini dimulai 9-12 Januari. Kalau ada tambahan akan dilaksanakan pemeriksann pada gelombang kedua 15-17 Januari nanti,” kata Kasi Pelayanan Medis RSUD Kota Madiun, dr Hanna Listiana Indriani.

Hanna menjelaskan setidaknya terdapat sejumlah tahapan pemeriksaan yang akan dilakukan kepada CJH. Untuk saat ini, pihaknya mendapatkan tugas melaksanakan pemeriksaan penunjang wajib. Dalam tahap ini pemeriksaan yang dilakukan meliputi laboratorium, radiologi, dan rekam jantung. Kepada para CJH pun diambil sampel darah dan urine. ”Hasil dari pemeriksaan nantinya kita berikan kepada masing-masing CJH untuk pemeriksaan kesehatan wajib yang dilaksanakan di Puskesmas,” imbuhnya.

CJH, lanjutnya, akan mendapatkan rujukan pemeriksaan lanjutan jika memang diperlukan. Misalnya terdapat penyakit tertentu. Pemeriksaan kesehatan pada CJH memang cukup ketat. Hal itu dilakukan untuk penetapan status istithaah bagi para CJH. Yakni, kemampuan CJH dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental. Artinya, CJH dikatakan memenuhi syarat jika salah satunya telah berstatus istithaah. ”Alhamdulillah sejauh ini pemeriksaan berjalan lancar,” pungkasnya.[dar.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru