29 C
Sidoarjo
Sunday, July 21, 2024
spot_img

Job Fair 2024 Berhasil Tekan Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Mojokerto


Kota Mojokerto, Bhirawa
Pj. Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro mengatakan, seringnya Job Fair atau Pameran Kesempatan Kerja digelar ternyata hasilnya cukup efektif untuk mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka( TPT ) di Kota Mojokerto.

Untuk itu Job Fair harus terus digelar setiap tahun, kalau perlu dalam setahun bisa digelar beberapa kali. Jelas Mas PJ. “Perlu diketahui TPT Kota Mojokerto di tahun 2023 pada angka 4, 73 % hal ini turun dari tahun 2022 yang pada angka 5,5 % ini berkat adanya intervensi seperti pelaksanaan Job Fair dan pelatihan yang digelar oleh OPD terkait seperti Diskopumkmperindag yang mengadakan pelatihan konten creator,” tuturnya.

Lebih lanjut ditambahkan oleh Mas Ali, karena Job Fair sudah terbukti efektif Kurangi TPT maka rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-106 Kota Mojokerto kembali menggelar Job Fair. “Alhamdulillah sejak pagi tampak para pencari mulai berdatangan di GOR seni Majapahit dan harapan kami, dengan 1000 lebih lowongan pekerjaan dan 3600-an pencari kerja, maka besar harapan saya TPT kita turun 30%,” kata sosok yang akrab disapa Mas Pj ini saat membuka jobfair, Kamis (27/6).

“Saat ini eranya industri kreatif digital. Generasi zilenial, generasi yang cakap sekali dalam menggunakan gadget dan teknologi mereka harus kita tempa dengan pekerjaan-pekerjaan non formal,” tambah Mas Pj.

Era digital tidak hanya membuka peluang kerja baru tetapi juga memberikan kemudahan dalam proses rekrutmen tenaga kerja. Selain pendaftaran yang telah dilakukan melalui link pengiriman berkas lamaran juga sudah dapat dilakukan secara paperless.

Berita Terkait :  PLN UIP JBTB Berperan Aktif Amankan Aset Negara, Sertifikasi Persil Tanah Tapak Tower SUTT 150 kV Grati PIER Kabupaten Pasuruan Berprogres Positif

“Digitalisasi lebih mudah untuk pengecekan calon tenaga kerja, dalam pengarsipan, dan data juga lebih mudah dibandingkan berbentuk fisik,” kata Oktufiani Dwi Wulansari, HR Rekrutmen salah satu perusahaan peserta jobfair.

Job Fair yang digelar oleh Pemkot Mojokerto tahun ini bekerja sama dengan 40 perusahaan di Jawa Timur yang menyediakan 1.328 penempatan jabatan diberbagai bidang. Turut hadir dalam pembukaan pagi ini Kepala UPT Balai Latihan Kerja Mojokerto Sri Andayati serta Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Mojokerto Provinsi Jawa Timur Taufik Hidayat.[min.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru