27 C
Sidoarjo
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Gus Ipul Pimpin Resik-resik Terminal Wisata Kota Pasuruan

Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf saat memimpin kegiatan resik-resik di kawasan Terminal Wisata, di Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Senin (8/1).
Apabila Tak Disiplin, Laporkan ke Saya dan Viralkan

Pemkot Pasuruan, Bhirawa.
Wali Kota Pasuruan, H Saifullah Yusuf terus berupaya menjaga kebersihan lingkungan.

Hal itu sebagai keseriusan membangun dan mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya dan Harmoni Warganya).

Salah upaya menjadi Indah Kotanya, Gus Ipul sapaan akrabnya mengajak para Pekerja Harian Lepas (PHL) di lingkungan DPUPR, DPRKP, Dishub serta DLHKP untuk bergotong royong melaksanakan resik-resik di kawasan Terminal Wisata, di Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Tak hanya itu, para pedagang yang berjualan di dalam terminal, penjaga toilet serta petugas kebersihan musala terminal juga ikut resik-resik. Resik-resik di kawasan Terminal Wisata dipimpin langsung oleh Gus Ipul.

“Semuanya saya kumpulkan disini secara sengaja supaya sepakat menciptakan lingkungan terminal wisata yang bersih dan sehat,” ujar Gus Ipul, Senin (8/1).

Diketahui, Kota Pasuruan setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan. Setiap harinya mencapai ribuan orang.

Banyaknya warga luar kota mengunjungi Kota Pasuruan, membuat terminal wisata semakin ramai untuk menjadi kawasan sentral parkir bagi bus pariwisata hingga minibus atau rombongan elf.

Mendapati hal itu, Gus Ipul meminta supaya keberadaan toilet di area terminal wisata supaya ditingkatkan lagi kebersihannya. Termasuk pula dengan kebersihan musala.

“Beberapa hal yang menjadi catatan itu, yakni toilet dan musala harus bersih. Tujuannya, agar wisatawan yang transit dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan nyaman. Sebab sebelumnya, beberapa waktu lalu saya mendapat laporan berupa video bahwa para wisatawan kurang mendapatkan layanan yang nyaman saat di terminal wisata,” papar Gus Ipul.

Gus Ipul berpesan kepada para pedagang di area terminal wisata, agar mereka ikut andil dalam menjaga kebersihan terminal.

Itu sebagai bentuk komitmen bersama dalam memberikan pelayanan prima bagi wisatawan. Terutama yang berbelanja di kios-kios yang ada di sekitar terminal.

“Yang sewa kios tolong, harus ikut bertanggung jawab. Supaya warungnya juga bersih. Warungnya harus disapu, di bersihkan lantainya,” jelas Gus Ipul.

Pejabat nomer satu di Kota Pasuruan ini juga bertekad untuk membuat terminal wisata semakin tertib. Sejumlah wacana dilontarkan, termasuk salah satunya mengintruksikan kepada dinas terkait dalam menyiapkan portal parkir.

“Petugas yang jaga di sini juga diperbanyak serta diperkuat. Sekaligus penanggungjawabnya harus diperjelas. Adapun, untuk kontrak dengan para penyewa kios juga harus diperjelas,” imbuh Gus Ipul.

Terakhir, pihaknya ingin memperkuat komitmen bersama. Yakni, antara para insan terminal wisata. Gus Ipul juga menegaskan apabila ada hal yang tidak sesuai aturan yang telah disepakati, segera dilaporkan kepada pihaknya.

“Kalau ada yang tidak disiplin, silahkan difoto atau divideo. Laporkan ke saya. Serta viralkan biar kapok,” cetus Gus Ipul. [hil.bb]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru