Permudah Berkomunikasi Ketika Hiking, Traveling maupun Buat Konten
“Assalamu’alaikum Uti, maaf ya Uti hari ini tidak bisa kerumah Uti. Soalnya anak-anak lagi saya ajak tidur di gunung,” kata Andi Setyawan saat menghubungi ibunya usai sampai puncak Mt. Lorokan Pacet, Mojokerto melalui video call.
Oleh:
Achmad Tauriq Imani – Harian Bhirawa
Komunikasi melalui seluler, khususnya melalui ponsel, sangat penting karena memudahkan orang untuk terhubung, berbagi informasi dan melakukan berbagai aktivitas di mana pun dan kapan pun.
Bahkan memungkinkan orang untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, rekan kerja dan berbagai layanan penting khususnya di tempat yang sedikit memiliki akses jaringan.
Seperti halnya di pegunungan, di ketinggian 1.100 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL) saja sudah sulit mendapatkan jaringan komunikasi apalagi internet. Padahal saat ini pegunungan khususnya jalur pendakian mulai banyak didatangi masyarakat khususnya anak-anak muda.
Salah satunya di Mt. Lorokan yang berada di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, sekitar 30 km jauhnya dari pusat kota Mojokerto, Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 1.100 mdpl, sejak dibuka oleh umum tahun 2022 lalu ini setiap hari weekend saja dikunjungi hampir 200-300 orang.
Mt. Lorokan yang memiliki akses jalan menuju puncak yang tidak terlalu berat ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh para pendaki pemula maupun yang ingin hiking (lintas alam) bersama keluarga dan teman.
Namun, ada juga pendaki yang sekadar ingin membuat konten, selfie, live untuk di medsosnya. Memang diakui penjaga Mt. Lorokan kalau di puncak raja signalnya adalah IM3. Maka dari itu banyak pengunjung ketika mencapai puncak langsung membuat konten maupun live jika sedang berada di gunung,
Dan tak hanya membuat konten maupun live, ada juga sebagai ajang video call bersama keluarga. Seperti halnya yang dilakukan Andi Setyawan yang suka melalang buana mendaki gunung bersama sang istri tercinta yang bernama Fanie Sandyakala.
Diakui Andi, memang tidak semua operator memiliki jaringan komunikasi maupun internet yang bisa menjangkau sampai di ketinggian 1.100 mdpl. Kalaupun ada itu pun kadang muncul kadang hilang, bahkan di display ponsel keliatan signal penuh tapi tidak bisa buat kirim foto apalagi nelpon.
“Saya coba IM3 Platinum di Mt. Lorokan dengan ketinggian 1.100 mdpl, saya acungi jempol benar-benar lancar dan stabil. Ketika pagi hari, saya bersama anak-anak berkomunikasi dengan ibu saya melalui VC sangat lancar dan stabil tidak ada yang tersendat sedikitpun,” ujar Andi yang sedang mengajari anaknya yang masih balita melintasi alam.
Memang IM3 Platinum memiliki jaringan yang berbeda, ketika di Mt. Lorokan sempat dilakukan speedtest dan hasilnya sangat luar biasa untuk Unduh masih mencapai 9,20 Mbps dan Unggah 15,5 Mbps. Sedangkan speedtest untuk provider yang lainya semuanya masih dibawah 2 Mbps, baik untuk Unduh maupun Unggah.
Komunikasi Lancar Saat Traveling
Hal senada juga dikatakan Amelia Wulan yang minggu lalu sempat jalan-jalan ke negara Taiwan. Ia mengakui menggunakan IM3 ini dimudahkan ketika berkomunikasi.
“Lancar tidak pakai ngadat, tak perlu ganti kartu dan tak perlu juga ke counter langsung bisa aktif mulai datang sampai pulang dari Taiwan,” tuturnya.
Menurut Wulan, paket IM3 yang digunakan ini juga termasuk sangat murah dibanding dengan provider lainnya. “Murah dan menjanjikan, benar-benar internetnya lancar. Saya pun bisa berkomunikasi setiap saat dengan suami, buat status bahkan teman-teman saya malah ikut nebeng alias tethering, karena kartunya tidak bisa dimanfaatkan sama sekali,” kata Wulan.
Untuk itu Wulan sangat apresiasi dengan keunggulan jaringan IM3 ketika berada di luar negeri. “Awalnya saya pikir seperti kartu-kartu yang lainnya seperti yang dibawa teman saya. Dan saya tidak menyangka ternyata IM3 malah lebih lancar dan stabil,” tandasnya.

Stabil dan Cepat Ketika Buat Konten
Menurut Content Creator Surabaya, Sepvira Bunga Vandinia, S.I.Kom koneksi internet IM3 Platinum ini memudahkannya ketika membuat konten salahsatunya saat melakukan proses editing.
“Karena kan membutuhkan koneksi yang stabil dan cepat supaya deadline konten terpenuhi. Apalagi kadang ada beberapa konten yang harus di upload waktu event berlangsung. Jadi benar-benar sangat kebantu dengan IM3 Platinum yang koneksinya cepat dan stabil,” jelasnya.
Tak hanya dimanfaatkan membuat konten saja, Sepvira menggunakan IM3 Platinum juga untuk kebutuhan komunikasi keluarga. “Kalau untuk keluarga pastinya juga sangat membantu, jadi tidak perlu ribet mengisi pulsa satu-satu. Cukup pakai satu IM3 Platinum bisa dipakai untuk semua dan kuotanya juga besar jadi lebih hemat, pastinya,” paparnya.
Bahkan menurut hitung-hitungan Sepvira masih lebih murah paket kartu IM3 Platinum dibandingkan provider lain. “Saya menggunakan paket platinum family 50 GB dan itu sudah bisa dipakai empat orang. Terus koneksinya stabil, misal kita lagi buat konten di daerah yang jauh di perkotaan seperti di daerah pegunungan koneksi internetnya masih tetap stabil dibandingkan provider lainnya,” ucapnya.
Masyarakat Butuh Koneksi Internet Cepat dan Stabil
Pemerhati Telekomunikasi, Herry SW yang biasa dipanggil Koh Herry menjelaskan bahwa dengan perkembangan teknologi dan media sosial yang sangat besar saat ini, maka yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah koneksi internet yang cepat dan stabil.
“Masalahnya, mayoritas konsumen Indonesia inginnya internet yang cepat, stabil dan murah. Susah kalau begitu, karena belum tentu tiga poin itu bisa terpenuhi bersamaan. Biasanya maksimal dua poin saja,” ungkapnya.
Koh Herry menambahkan kalau mau cepat dan stabil, harga tidak bisa murah. “Kan ada harga ada rupa. Kalau cepat dan murah ya koneksi tidak stabil (kadang cepat, kadang superlemot), kalau stabil dan murah ya jangan berharap cepat,” katanya sambil tersenyum.
Sementara itu kebutuhan internet bagi masyarakat Indonesia, menurut Koh Herry dengan perhitungan rasional sebenarnya sudah lumayan terpenuhi.
“Internet yang relatif cepat dan stabil dengan tarif yang masuk akal sebenarnya kini sudah terealisasi. Harga layanan internet berbasis seluler di Indonesia saat ini juga jauh lebih murah daripada belasan tahun lalu. Dulu harga paket internet beberapa GB saja bisa tembus Rp100 ribu, kini Rp100 ribu bisa dapat 100 GB,” terang Koh Herry.
Selain itu, para provider juga banyak bersaing memberikan layanan internet stabil tapi murah, sehingga dalam jangka panjang bisa berdampak negatif. “Perang tarif berpotensi membuat ARPU operator seluler turun. Pendapatan rendah, belanja untuk pengembangan jaringan atau penambahan kapasitas bakal rendah juga,” jelas Koh Herry.
IM3 Platinum Hadirkan Pengalaman Premium dan Eksklusif
IM3 Platinum, sebuah transformasi yang menghadirkan pengalaman premium dan eksklusif telah dihadirkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui merek IM3.
Dengan mengusung konsep “Simple, Next Level,” IM3 Platinum dirancang untuk progression seekers, keluarga, dan profesional yang mengutamakan kemajuan dan mencari layanan telekomunikasi yang lebih canggih dan personal.
“Kami memahami kebutuhan pelanggan untuk terus maju dalam kehidupan. IM3 Platinum menjadi solusi bagi pelanggan yang menginginkan pengalaman telekomunikasi yang simpel dan next level, melalui layanan yang didukung teknologi canggih dan sentuhan personal. Kami optimistis, kehadiran IM3 Platinum akan menjadi standar baru untuk layanan pascabayar di Indonesia,” papar Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh.
Menurut Ritesh, layanan pascabayar baru ini mendukung pelanggan dengan berbagai paket inovatif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti Paket Platinum Family: Solusi untuk mengatur tagihan keluarga dalam satu kontrol, lengkap dengan fitur kuota sharing untuk lima anggota keluarga. Paket ini ditawarkan mulai Rp 80 ribu per bulan dengan kuota 50GB. Dan paket Platinum SATU: Kuota besar hingga 1 Terabyte untuk kebutuhan profesional dan pengusaha, dengan harga Rp 1 juta per tahun.
Keunggulan IM3 Platinum
IM3 Platinum hadir dengan Platinum Experience, layanan inovatif yang mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) dengan interaksi manusia untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan maksimal kepada pelanggan.
Adapun beberapa fitur unggulan yang ditawarkan, Platinum Network: Akses jaringan Indosat yang luas, stabil dan bebas hambatan untuk mendukung konektivitas di mana saja. Platinum Assistance: Layanan pelanggan yang memungkinkan panggilan diterima dalam waktu maksimal 30 detik melalui call center 185, tanpa melalui mesin penjawab.
Platinum SmartASK: Portal berbasis AI di aplikasi myIM3 yang menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat dan akurat melalui format suara. Platinum Official WhatsApp: Layanan prioritas untuk menangani pertanyaan atau keluhan secara otomatis dan responsif.
Selain itu juga bagi pelanggan dapat menikmati fasilitas di Platinum Corner, yang tersedia di seluruh gerai IM3 di Indonesia. Fasilitas ini mencakup, jalur antrean khusus yang lebih cepat. Layanan premium dari Platinum Assistant. Sajian camilan dan minuman untuk kenyamanan pelanggan.
IM3 Platinum Integrasikan Sentuhan AI Tiap Fiturnya
IM3 Platinum telah memberikan pengalaman premium bagi pelanggan dengan mengintegrasikan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam setiap layanannya,
Dan transformasi ini menjadi jawaban atas tuntutan masyarakat modern yang menginginkan layanan yang lebih cerdas, koneksi yang lebih stabil dan pengalaman pelanggan yang lebih personal.
EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, Fahd Yudhanegoro mengungkapkan Indosat memahami kebutuhan pelanggan Indonesia yang terus berkembang dalam hidup. Dan membutuhkan support platinum experience, terutama dari sisi pelayanan dan jaringan telekomunikasi.
“Transformasi layanan pascabayar IM3 menjadi langkah strategis kami untuk menjawab kebutuhan telekomunikasi pelanggan secara personal. Pemanfaatan teknologi AI dan Automated Network Services pada IM3 Platinum memberikan kenyamanan lebih pada pelanggan. Hal ini sejalan dengan misi kami dalam menghadirkan layanan digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tegasnya.
Fahd menambahkan dengan menggunakan layanan IM3 Platinum, pelanggan dapat merasakan platinum experience yang simpel dan next level, khususnya melalui Platinum Network dan layanan Platinum Assistance yang terintegrasi dengan teknologi dan human interest.
Layanan ini merupakan upaya Indosat menjawab kebutuhan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk mendukung aktivitas digital sehari-hari, mulai dari rapat virtual tanpa gangguan, streaming tanpa buffering, hingga komunikasi yang lancar tanpa terputus.
Layanan telekomunikasi yang ditawarkan melalui IM3 Platinum memberikan pelanggan berbagai keuntungan, seperti akses prioritas ke jaringan yang lebih stabil, kuota besar tanpa khawatir kehabisan di tengah aktivitas penting, serta layanan pelanggan yang lebih responsif.
Fleksibilitas dalam pembayaran bulanan juga penting bagi pelanggan untuk mengatur pengeluaran mereka tanpa harus repot mengisi ulang pulsa atau kuota secara berkala.
Dengan dibekali teknologi kecerdasan artifisial (AI) membuat layanan pascabayar ini semakin canggih. Teknologi AI menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan efisien, seperti rekomendasi paket yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, membantu dalam menyelesaikan kendala teknis dengan lebih cepat, hingga memberikan layanan pelanggan yang responsif melalui chatbot atau asisten virtual.
Dengan inovasi ini, layanan IM3 Platinum tidak hanya menawarkan koneksi yang stabil, tetapi juga kenyamanan dan kemudahan dalam setiap aspek komunikasi digital.
IM3 Platinum menjadi bukti nyata bagaimana teknologi AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam layanan pascabayar. Era baru pascabayar kini telah tiba, membawa kemudahan, kecanggihan, dan kenyamanan dalam setiap aspek komunikasi digital.
Bahkan dengan berbagai inovasi ini menjadikan IM3 Platinum sebagai standar baru dalam layanan pascabayar di Indonesia, menghadirkan solusi telekomunikasi yang canggih, nyaman dan eksklusif. [*]