25 C
Sidoarjo
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Bus PMI Sidoarjo Pindah Lokasi di Pos Satlantas Taman Pinang Indah

Petugas dari UTD PMI Sidoarjo saat melayani transfusi darah para pendonor darah di kantor UTD PMI Sidoarjo jalan Jati nomo1 Sidoarjo. [alikusyanto/bhirawa]
Sidoarjo, Bhirawa.
Warga Sidoarjo yang biasanya rutin donor darah di Bus PMI Sidoarjo, di depan stadion Gelora Delta, di jalan Pahlawan Sidoarjo, tidak perlu menjadi binggung, apabila keberadaan Bus PMI Sidoarjo tersebut, beberapa waktu ini tidak lagi stand by di sana.

Karena saat ini, Bus milik PMI Sidoarjo tersebut, pindah lokasi sementara di lingkungan Pos Satlantas Polresta Sidoarjo di Perumahan Taman Pinang Indah. Gampangnya, dekat dengan Mc Donald Sidoarjo. “Kita pindah lokasi sementara, karena disana sedang ada perbaikan trotoar. Semoga bila selesai, Bus PMI akan segera kembali ke tempat semula,” komentar Ketua PMI Sidoarjo, Andjar Surjadiyanto, Minggu (7/1) kemarin.

Diakui oleh Pj Sekda Kabupaten Sidoarjo ini, di tempat sementara itu, masih banyak masyarakat Sidoarjo yang masih belum familiar. Padahal sudah seringkali di sosialisasikan. Dampak masyarakat atau pendonor darah belum tahu tempat baru ini, dalam sehari kadang kantong darah yang didapatkan oleh petugas PMI yang melayani di Bus tersebut, hanya dapat 15 sampai 20 kantong darah saja.

Berbeda bila dibanding, saat Bus PMI Sidoarjo masih berada di depan stadion Gelora Delta di jalan Pahlawan tersebut. Sehari bisa mendapat sampai 40 kantong. Apabila pada malam Minggu, malah bisa dapat 80 sampai 100 kantong. “Kita do’akan pembangunan trotoar disana bisa segera selesai, dan Bus PMI Sidoarjo akan bisa kembali melayani pendonor darah di tempat itu,” komentarnya.

Dituturkan Andjar, PMI Sidoarjo harus bisa menyuplai kantong darah setiap harinya. dalam sehari kebutuhan darah, untuk urusan nyawa manusia ini, PMI Sidoarjo harus bisa mengeluarkan sampai sekitar 125 kantong darah. Andjar sempat menyampaikan pada Sabtu (6/1) akhir pekan lalu, pihak UTD PMI Sidoarjo sempat menggelar acara transfusi darah yang dilakukan di kantor UTD PMI Sidoarjo, jalan Jati nomor 1 Sidoarjo.

Pada saat itu, stok darah golongan O, sedang banyak yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sementara di UTD PMI tinggal sekitar 60 an kantong saja. “Alhamdulilah, banyak pendonor yang hadir, kami mengucapkan terima kasih, karena darah mereka sangat berharga bagi kesembuhan sesama,” ujarnya.

PMI Sidoarjo dalam tahun 2023 belum lama ini, menurut Andjar, telah mengeluarkan ada sebanyak 53.000 kantong darah. Kantong-kantong darah ini selain untuk rumah sakit di Kabupaten Sidoarjo, juga rumah sakit di Jawa Timur yang selama ini sudah masuk dalam jaringan.

Pengurus PMI Sidoarjo Bidang UTD, M.Asyiq Yusak, menyampaikan dalam kegiatan transfusi darah pada hari Sabtu tersebut , untuk golongan darah A mendapatkan 56 kantong, golongan darah B mendapat 53 kantong, golongan darah O mendapat 103 dan golongan darah AB mendapat 231 kantong.

Asyiq juga sempat memberikan informasi, stok darah di PMI Sidoarjo, pada Minggu (7/1) kemarin, untuk stock golongan darah A ada 335 kantong, golongan darah B ada 445 kantong, golongan darah O ada 429 kantong dan stok darah AB ada 140 kantong.

Menurut Asyiq, kondisi stok darah habis, kadang terjadi bisa musim-musiman. Kadang golongan darah A banyak yang butuh, sehingga stokc golongan darah A menipis. kadang golongan darah B, kadang golongan AB juga kadang juga golongan darah O.

Menurut dirinya, biasanya pemilik golongan darah AB tidak terlalu banyak. Bila dibuat prosentase, hanya ada sekitar 7 -9 % saja. Sementara, pemilik golongan darah A sekitar 21%, golongan darah B sekitar 29% dan pemilik golongan O sekitar 40%.[kus.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru