27 C
Sidoarjo
Wednesday, December 17, 2025
spot_img

Wali Kota Probolinggo Ingatkan Perumdam Bayuangga Tingkatkan Layanan

Kota Probolinggo, Bhirawa
Perumda Air Minum Bayuangga melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) Triwulan I atas laporan keuangan perusahaan Tahun Anggaran 2025, di Rumah Pompa Ronggojalu, Desa Banjar Sawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/4) pagi.

Dalam arahannya, Wali Kota dr. Aminuddin meminta manajemen Perumdam Bayuangga untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang dilayani.

“Perumdam mesti buat kajian lagi, masing-masing ground ini, itu berapa yang sudah terpasang atau yang menjadi pelanggan, berapa yang belum, termasuk tadi yang dicabut atau dibatalkan, sehingga kita punya gambaran,” kata dr. Amin.

Selain itu, terkait laporan keuangan, wali kota menekankan pentingnya evaluasi dan efisiensi dalam operasional perusahaan. Dirinya mengingatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik untuk mendukung keberlanjutan layanan kepada masyarakat.

“Pertama Perumdam ini perlu efisiensi dan evaluasi ke dalam, sehingga proses bisnis betul-betul sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di proses bisnis umum,” jelasnya.

Usai pelaksanaan monev, Direktur Perumdam Bayuangga Indra Sovia Jalal, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga langkah strategis sebagai tindak lanjut atas arahan yang diberikan oleh wali kota.

“Tentunya ada manajemen strategi yang sudah kita susun, kita juga sudah melakukan beberapa inovasi, salah satunya nanti ice cube, kemudian di situ juga ada air mineral, juga ada Skada yaitu Sistem Komputerisasi Aktualisasi Data, fungsinya untuk mengefisiensi pemakaian listrik kemudian juga sebagai audit kontrol terhadap pemakaian listrik juga pemakaian air dari jarak jauh,” pungkas Direktur Perumdam Bayuangga.

Berita Terkait :  Aktiv Memberi CSR Sebanyak 400 Perusahaan di Sidoarjo Mendapat Penghargaan

Wali Kota dr. Aminuddin berpesan agar terus meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Sebab menurutnya, peningkatan ini sangat penting agar perusahaan dapat menambah pendapatan secara signifikan sebagai satu-satunya penyedia air bersih di Kota Probolinggo.

“Saya harap nanti dalam lima tahun ini, paling tidak itu sudah menyentuh angka 50 persen dari pelanggan-pelanggan atau sambungan rumah yang dibutuhkan, itu harus menjadi pelanggan ke depan, karena PDAM kan tidak ada kompetitor, tidak ada pesaing. Dengan bertambahnya jumlah jaringan ini, tentu nanti pendapatan juga bertambah,” pesannya. [fir.kt]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow

Berita Terbaru