29 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Ketua DPRD Kota Malang Dilantik Besok Kamis

Kota Malang, Bhirawa.
Pelantikan Calon Ketua DPRD Kota Malang, Amithya Ratnanggani Sirraduhita, dipastikan akan dilakukan hari ini Kamis (24/10). Berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 100.3.3.1/1019/KPTS/011.2/2024, penetapan ketua DPRD Kota Malang dan Wakil Ketua DPRD Kota Malang, tahun 2024-2029.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Sekretaris DPRD Kota Malang, Zulkifli Amrizal, Rabu 23/10 kemarin. Menurut Zulkifli, pihaknya sudah mendapat surat pengesahan pengangkatan Ketua DPRD Kota Malang, tadipilih yang diusulkan oleh DPP PDI Perjuangan, untuk menjadi Ketua DPRD Kota Malang. “Alhamdulillah surat pengesahan sudah kita terima, Insyaallah Kamis 24 Oktober, dilantik,” tutur Zulkifli.

Disampaikan dia, untuk pelantikan membutuhkan penyesuaian waktu dan persiapan. “Sebenarnya secara teknis sudah siap, tetapi kita harus menyesuaikan dengan undangan,”sambungnya.

Untuk prosesi pelantikan sendiri akan dilalukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Malang. Sedangkan terkait dengan fasilitas ketua dewan pihaknya menyampaikan semuanya sudah siap, baik rumah dinas maupun mobil dinasnya. “Untuk semua fasilitas tidak ada masalah, rumah dinas sudah kita bersihkan, mobil dinas juga sudah ready,”urai Zulkifli.

Patut diketahui, usulan pengangkatan Ketua DPRD Kota Malang telah disampaikan dalam rapat paripurna DPRD, yang berlangsung secara tertutup, Senin (7/10) lalu.

Sebelumnya usulan wakil ketua DPRD Kota Malang juga sudah dilakukan, Abdurrahman dari PKB menempati Wakil Ketua 1 DPRD, Trio Agus Purwono dari PKS sebagai Wakil Ketua 2 DPRD dan Rimzah dari Gerindra, menjadi Wakil Ketua 3.

Berita Terkait :  Menjelang Pendaftaran Pilkada Jember, Gus Fawait Ziarah ke Makam Habib Sholeh Tanggul

Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Malang, Abdurrahman, membenarkan. Pembahasan rapat paripurna usulan pimpinan DPRD Kota Malang itu, katanya, sudah dilakukan kini menunggu pelantikan saja.

“Usulan di rapat paripurna. PDI-P mengusulkan Amithya Ratnanggani Sirraduhita. Sebelumnya, PKB, PKS serta Gerindra, juga mengusulkan nama-nama. Saya jadi Waka 1, Trio Agus Purwono Waka 2 dan Rimzah Waka 3,” jelas Abdurrahman

Setelah mendapatkan SK, lanjutnya, segera dilaksanakan pelantikan kepada empat pimpinan DPRD, oleh Pengadilan Negeri, yang saat ini tengah disiapkan oleh sekwan. “Selepas pelantikan pimpinan DPRD selesai, baru kami melangkah ke tahap pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD),” jelas dia.

Ketua DPC PDI-P Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menyampaikan usulan atau penunjukkan DPP PDI-P ke Amithya Ratnanggani Sirraduhita, menjadi Ketua DPRD, pihaknya siap mendukung dan menjalankan yang telah dititahkan DPP PDI-P.

“Pada prinsipnya kami siap menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh DPP. Semua yang menjadi pilihan DPP, itu adalah hak prerogatif Ketua Umum. Kita harus tunduk dan patuh, sekaligus menjalankan kebijakannya,” kata Made.

Dia berharap, pelantikan Ketua DPRD beserta tiga pimpinan DPRD lainnya, bisa dilaksanakan secara bersamaan. “Kami bersyukur SK dari Gubenur sudah turun. Semoga setelah pelantikan bisa segera menyesuaikan untuk melakukan pekerjaan yang sudah menunggu,”pungkas Made. [mut.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img