32 C
Sidoarjo
Monday, October 14, 2024
spot_img

Khofifah dan Relawan Lumajang Kirim Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan


Lumajang, Bhirawa
Calon Gubernur Jawa Timur Nomor Urut 2 Khofifah Indar Parawansa bersama Relawan Tapal Kuda memberikan bantuan air bersih untuk lima desa terdampak kekeringan di Kabupaten Lumajang, Minggu (13/10/2024).

Pendistribusian air bersih itu dilakukan tepat setelah dilakukannya Peresmian Posko TPD Khofifah Emil di Kabupaten Lumajang.

“Hari ini kemaraunya agak panjang sehingga musim hujan datang lebih lambat. Dari relawan kami mendengar bahwa ada empat desa di Lumajang yang saat ini terkendala air bersih akibat kekeringan, maka begitu peresmian posko kami telah siapkan untuk memberikan bantuan pada mereka yang terdampak. Semoga bermanfaat,” kata Khofifah.

Empat desa yang dipilih sebagai lokasi untuk distribusi air bersih adalah Desa Wates Wetan dan Desa Jengrong Kecamatan Ranuyoso, kemudian Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit, Desa Bodang Kecamatan Padang dan juga Desa Blukon Kecamatan Lumajang.

Total air bersih yang dikirim ada sebanyak 30 tangki. Dimana setiap tangki berisi sebanyak 8000 Liter air bersih. Pengiriman air bersih ini sudah dilakukan sebelumnya dan Insya Allah akan dilakukan setiap hari.

Khofifah berharap dengan didistribusikannya bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan. Sebab dengan air bersih, kebutuhan dasar masyarakat setidaknya tercukupi.

“Karena kita tahu bersama bahwa air adalah kebutuhan dasar manusia. Ketika kekeringan, sumber mata air di beberapa daerah mengalami kekeringan. Sehingga masyarakat kesulitan untuk mandi, minum dan juga untuk kebutuhan yang lain. Maka kami berharap ini bisa membantu,” ujar Khofifah.

Berita Terkait :  Usai Dilantik, DPRD Sumenep Bentuk Fraksi

Di sisi lain, pihaknya menegaskan bahwa distribusi air bersih selama kekeringan adalah bentuk nyata kepedulian Khofifah-Emil pada masyarakat. Yang mana ini adalah problem solving yang diharapkan bisa maksimal meringankan beban masyarakat.

“Tak hanya di Lumajang, tapi pengiriman air bersih juga dilaksanakan relawan Khofifah Emil di Pamekasan dan Trenggalek. Kita berdoa bersama agar kekeringan segera berakhir sehingga Allah segera menurunkan air hujan ke bumi Jawa Timur. Terimakasih kerja keras relawan khususnya Repnas dan JRK Lumajang,” pungkasnya. [gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img