30 C
Sidoarjo
Wednesday, October 9, 2024
spot_img

DPRD Surabaya Tetapkan 4 Nama Calon Pimpinan Definitif


DPRD Surabaya, Bhirawa
DPRD Surabaya kini telah memiliki 4 nama calon unsur pimpinan definitif dari partai pemenang. Keempat nama tersebut yakni Adi Sutarwijono dari PDIP, Bachtiar Rifai dari Gerindra, Arif Fathoni dari Golkar dan Laila Mufidah dari PKB.

Nama-nama unsur pimpinan tersebut hari Rabu (09/10/2024) telah ditetapkan melalui rapat paripurna untuk dimohonkan Surat Keputusan (SK) kepada Pj Gubernur Jawa Timur, agar bisa segera dilakukan pelantikan dan pengucapan sumpah/janji.

Ketua (sementara) DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengaku lega karena dari PDIP telah bisa menggenapi agenda rapat paripurna penetapan usulan nama calon pimpinan definitif hari ini, yang semula hanya untuk 3 wakil calon pimpinan.

“Yang semula agendanya hanya untuk para wakil ketua, sekarang bisa digenapi dengan ketua, sehingga bisa terangkum menjadi satu usulan penetapan untuk seluruh unsur pimpinan dprd. Kemudian nama-nama ini diusulkan ke Pj Gubernur Jatim agar segara dibuatkan SK,” ucapnya di ruang kerjanya Rabu (09/10)

Bahkan Adi juga mengaku jika dirinya sampat menyampaikan permohonan kepada PJs Wali Kota Surabaya untuk turut mengawal permohonan SK ke tingkat provinsi Jatim terkait usulan nama-nama calon pimpinan dewan.

“Agar bisa segera dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji sebagai pimpinan DPRD Surabaya masa bakti 2024-2029,” imbuhnya.

Adi menerangkan bahwa SK dan pelantikan unsur pimpinan dewan sangat dibutuhkan segera karena DPRD Surabaya akan segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan yakni Komisi dan beberapa Badan yakni Banggar, banmus, BK, dan Bapemperda.

Berita Terkait :  DPRD Jatim Diprediksi Punya 9 Fraksi, Dua Parpol Bergabung

“Sehingga 50 anggota dewan yang baru bisa segera masuk ke unsur -unsur AKD tersebut dan bisa segera bisa melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan dan melayani masyarakat,” jelasnya.

Atas berbagai pertimbangan, Adi berharap proses usulan dan keluarnya SK dari PJ Gubernur Jatim bisa dilaksanakan dalam satu hari.

“Hasil pembicaraan secara informal, bisa diselesaikan dalam waktu satu hari,” tandasnya.

Sementara itu Pjs Wali Kota Surabaya, Restu Novi Widiani menyambut baik penetapan calon pimpinan definitif DPRD Surabaya tersebut.

“Pemkot Surabaya tentunya bersyukur bahwa hari ini sudah ada calon, mereka ini saya bilang orang-orang pilihan dan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua,” kata Restu Novi.

Ia juga memastikan bahwa pihaknya akan mengawal proses ini agar segera disahkan oleh Pj Gubernur Jawa Timur. “Lebih cepat, lebih baik. Setelah pengesahan, para pimpinan DPRD bisa langsung bekerja untuk masyarakat Surabaya,” tambahnya.

Pada sisi lain, PJs Wali Kota juga menegaskan bahwa pemerintahan tetap berjalan dengan baik, meskipun pimpinan definitif belum sepenuhnya disahkan. “Pelayanan prima tetap kami ciptakan dan tidak terganggu,” ujarnya.

Sebagai informasi, Rapat Paripurna kali ini dihadiri 37 dari total 50 anggota DPRD Surabaya. Adapun komposisi pimpinan DPRD periode 2024-2029 yakni, PDIP kembali menunjuk Adi Sutarwijono sebagai Ketua DPRD. [dre.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img