26 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Rutan Situbondo Sediakan Klinik Pancasila untuk Peningkatan Minat Baca Ratusan WBP

Sejumlah WBP sedang asyik membaca dan memilih buku untuk di baca di Ruang Perpustakaan Klinik Pancasila Rutan Kelas IIB Situbondo, Senin (30/9). sawawi/bhirawa.

Situbondo, Bhirawa.
Jajaran Rutan Kelas IIB Situbondo Kanwil Kemenkumham Jawa Timur terus berupaya meningkatkan minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan membuat fasilitas pada ruang perpustakaan yang bernama Klinik Pancasila. Ruangan untuk peningkatan ilmu itu didesain dengan lebih nyaman serta menambah ragam buku bacaan. Seperti yang terlihat pada Senin (30/9), sejumlah WBP nampak antusias membaca dan meminjam buku di Klinik Pancasila Rutan Situbondo.

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, kegiatan penyediaan sarana ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan pasal 7 ayat 8. Disana, aku Rudi, WBP berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa yang tidak dilarang. “Klinik Pancasila Rutan Situbondo ini menyediakan jenis buku yang cukup beragam. Keberadaan perpustakaan di Rutan Situbondo ini sendiri memiliki peranan penting dalam proses merubah narapidana menuju pribadi lebih baik,” tutur Rudi.

Rudi Kristiawan kembali menuturkan Klinik Pancasila berperan penting sebagai salah satu sumber informasi dan pengetahuan serta untuk mengembangkan minat baca WBP penghuni Rutan Kelas IIB Situbondo. “Sehingga memiliki wawasan yang cerdas walaupun berada dalam keadaan terbatas selama menjalani masa pidana,” tandas pria asli Blora Jateng itu.

Berita Terkait :  Pemkab Bersama PLN Tanam Bibit Pohon di Bibir Sungai Sampean Baru

Adapun tujuannya, sambung pria penghobi mobil antik itu, untuk meningkatkan minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan, sebagai media informasi untuk memperluas ragam wawasan dan menambah ilmu pengetahuan WBP. “Ya ini menjadi wadah edukasi yang bermanfaat bagi warga binaan selama menjalani pembinaan di dalam Rutan Situbondo,” jelas Rudi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono mengungkapkan, perpustakaan di setiap Rutan/Lapas memiliki peranan penting, termasuk adanya perpustakaan di Rutan Situbondo. “Selain sebagai sarana menambah ilmu, kegiatan pinjam baca buku di perpustakaan Rutan Situbondo ini juga dapat menjadi sarana rekreasi bagi WBP dalam mengurangi stres dan beban mental,” pungkas Heni Yuwono. (awi.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img