24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Luncurkan “Kami Memohon”, BLDF Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan


Surabaya, Bhirawa
Memperingati Hari Ozon Sedunia, Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) terus mengedukasi dan mensosialisasikan kepedulian terhadap lingkungan dengan melibatkan para generasi muda salah satunya dengan meluncurkan serial web kelima berjudul ‘Kami Memohon’.

“Sejak 2020, BLDF secara berkala meluncurkan serial web sebagai bentuk komunikasi kreatif dalam menyampaikan isu lingkungan. Kami menyasar anak muda agar amplifikasi informasi juga dapat berlangsung cepat dan menjangkau audiens yang lebih besar, karena secara demografi kita saat ini juga didominasi oleh generasi muda. Dari tahun ke tahun kami mendapatkan apresiasi positif atas tayangan serial web yang kami hadirkan, dan harapannya ‘Kami Memohon’ juga akan mampu memantik kesadaran generasi muda akan isu-isu pelestarian lebih besar lagi,” terang Director Communications Djarum Foundation, Mutiara Diah Asmara, Kamis (19/9).

Mutiara menambahkan lahir dari dalam dan berkembang bersama lingkungan itu adalah filosofi Djarum Foundation dengan misi turut berperan aktif memajukan Indonesia menjadi negara digdaya seutuhnya melalui lima pilar bakti yakni bakti sosial, bakti olahraga, bakti lingkungan, bakti pendidikan dan bakti budaya.

“Jika bumi adalah ibu, maka pohon adalah anak tercintanya. Begitulah kami dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation memandang pepohonan, memupuknya untuk berkembang baik, memeliharanya agar kuat penuh manfaat, melestarikannya agar tegak bertahan dan menyebar kebaikan. Dibentuk pada tahun 1979, BLDF telah menanam lebih dari 2,3 juta pohon dengan potensi serapan karbon 28,5 ton perpohon/tahun dan sepanjang lebih dari 3.300 km di jalur pantura tol Trans jawa, tol Trans Sumatera dan masih berlanjut hingga saat ini,” jelasnya.

Berita Terkait :  Bank Jatim Berikan Bantuan Pembangunan Replika Pesawat Terbang dan Pedestal Museum PETA

Mutiara menyadari akan pentingnya partisipasi dan kolaborasi digital bersama generasi muda, maka lima tahun yang lalu diluncurkanlah gerakan Siap Darling yang merupakan salah satu gerakan berbasis digital untuk generasi muda melalui kanal.

“Setiap tahunnya Siap Darling meluncurkan serial web seperti Prince Darling, Jumpa, Healing Trip dan Pusaka ini sudah ditonton 17,5 juta viewers dan ini membuat kami merasa bahwa sangat efektif cara-cara seperti. Karena bagaimanapun juga konten edukasi lingkungan dalam bentuk film ini jadi salah satu cara untuk menjangkau generasi muda,” tuturnya.

“Kami Memohon” yang diluncurkan di Jendela Bali Restaurant, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Bali. Disutradarai oleh Achmad Romie dan menampilkan Amara Shopie, Ayya Renita, Mamang Osa, Arnold Leonard serta Dian Dipa Candra (Candil ex-Serieus) menceritakan tentang empat mahasiswa, Morgan, Lestari, Asri, dan Witan yang melakukan Praktik Bakti Lingkungan (PBL) di Desa Mohon Asri. Mereka mengalami serangkaian hal misterius, terutama setelah melakukan hal-hal tidak bertanggung jawab ke pepohonan di kampung tersebut.

Dalam misi membatalkan karma yang diterima, keempatnya justru mendapat pelajaran berharga untuk lebih peduli pada lingkungan.

“Pohon memiliki banyak kontribusi untuk manusia dan seluruh makhluk hidup. Bukan hanya menyediakan oksigen gratis, tapi juga menjadi tempat penyimpanan karbon yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain di bumi. Pelibatan generasi muda dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan melalui tanam dan pelihara pohon sangat tepat. Melalui keterlibatan generasi muda dan adanya serial web ‘Kami Memohon’, KLHK berharap masyarakat terutama generasi muda semakin memiliki kepekaan dan inisiatif untuk melakukan aksi pelestarian lingkungan dan hutan dalam berbagai bentuk. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BLDF,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) U. Mamat Rahmat, yang diwakili oleh Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga KLHK, Arijan Prasodjo.

Berita Terkait :  Hari Anak Nasional, PLN Edukasi Anak Pahami Tak Bermain Dekat Jaringan Listrik

Bahkan peluncuran serial web ini turut diapresiasi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, yang diwakili oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Provinsi Bali, Ida Bagus Adi Laksana. Menurutnya, apa yang dilakukan BLDF sejalan dengan upaya Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam berkomitmen mendukung setiap inisiatif yang memiliki tujuan mulia dalam melestarikan lingkungan.

“Seperti yang kita ketahui bersama, Bali adalah destinasi pariwisata dunia yang terkenal dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, dan keramah-tamahan masyarakatnya. Namun, untuk menjaga dan melestarikan keindahan ini, kita memerlukan partisipasi aktif dari setiap individu. Kami percaya bahwa dengan kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak, kita dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan,” jelas Bagus.

Sementara menurut Candil ex-Serieus, yang memerankan tokoh Mbah Beringin menyebutkan hal serupa. “Selama tiga hari proses syuting di hutan, keteladanan untuk menghargai dan menjaga tanaman muncul dan menular, saat kami melihat rekan-rekan lain juga melakukannya. Saya harap, apa yang kami pelajari ini juga dapat dipetik oleh penonton usai menonton serial web ini,” kata Candil.

Adapun serial web ‘Kami MemohonMemohon’ akan tayang setiap Sabtu, mulai 21 September 2024, pukul 19.00 WIB di akun YouTube Siap Darling (https://www.youtube.com/c/Siapdarling). Serial web ini diharapkan mampu menarik penonton seperti “Prince Darling” (2020), “Jumpa” (2022), “Healing Trip” (2022), dan “Pusaka” (2023) yang secara akumulatif telah ditonton lebih dari 16 juta kali.

Berita Terkait :  Unej Bahas Pengelolaan Tanaman Kopi di Konferensi Internasional PCM 2024

BLDF juga akan membagikan informasi lengkap mengenai serial web “Kami Memohon” melalui kanal media sosial Instagram @siapdarling dan tagar #SiapDarling.

Di samping acara peluncuran serial web, BLDF juga menyelenggarakan aksi siap sadar lingkungan (Siap Darling) berupa penanaman 5.000 bibit mangrove di Pemogan, Denpasar bersama 40 mahasiswa dari 11 universitas di Bali. Tidak sekadar melakukan aksi, para peserta yang tergabung dalam gerakan Siap Darling ini turut belajar bagaimana manfaat mangrove dalam menyerap karbon bagi bumi. [riq]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img