28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Sensei Shoji Arai Puji Pelaksanaan Pertandingan Kempo PON XXI

(Kiri ke kanan) Sensei Shoji Arai dari Jepang, Ketua Umum Perkemi Laksdya TNI PURN Dr Agus Setiadji, dan pendiri Shorinji Kempo Indra Kartasasmita.

Banda Aceh, Bhirawa
Sensei Shoji Arai dari Jepang memuji pelaksanaan pertandingan cabor Kempo di Pekan Olahraga Nasiona (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut yang di gelar di GOR KONI Aceh.

Shoji Arai mengaku tertarik datang ke Indonesia untuk melihat pertandingan Kempo di PON.

“Kempo ada 40 negara dan terbesar adalah Jepang dan Indonesia. Dan Indonesia saya lihat sangat berbakat sangat talenta dan tentu bisa menyumbang prestasi-prestasi yang akan datang. Sekali lagi yang terbesar adalah Jepang dan Indonesia, di antara negara anggota WOS,” ucap Shoji.

Sensei Shoji Arai juga takjub saat melihat pembukaan pertandingan Cabor Shorinji Kempo PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada Selasa (17/9).

“Pembukaan PON baru saja, saya sungguh menyaksikan bahwa Indonesia menyelenggarakan sangat bagus dan tentu bahwa Indonesia, Perkemi siap menyelenggarakan pertandingan dunia di Bali akan datang,” jelasnya.

Ditemui.di lokasi pertandingan, pendiri Shorinji Kempo, Indra Kartasasmita mengatakan, soal kedatangan Sensei asli dari Jepang, saat perhelatan pertandingan Cabor Shorinji Kempo, yang digelar 4 hari lamanya di GOR KONI Aceh.

“Kalau melihat kedepan kita akan hebat, sodara Arai sensei ini jauh junior saya. Beliau amat sayang dengan Indonesia, dan mendukung apa-apa yang kita lakukan. Itu poin yang beruntung untuk kita, kalau mau tumbuh kita tidak lepas kendali, kita tumbuh lebih cepat,” ujar Indra.

Berita Terkait :  Bekuk PK Sugihwaras di Grand Final, Bobha Dinobatkan Juara Turnamen Bhayangkara Cup 2024

Kemajuan Shorinji Kempo di Indonesia cukup pesat, terlihat dari ketertarikan dan kedatangan Sensei Shoji Arai di PON XXI Aceh-Sumut, guna melihat pertandingan secara langsung.

“Harapan saya, Shorinji Kempo dapat berkembang terkendali, kalau berkembang awur-awuran jadi bajingan nanti,” imbuhnya sambil bercanda.

Sementara itu, Ketua Umum Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Dr. Agus Setiadji mengatakan, bahwa dalam pertandingan Shorinji Kempo harus tetap menekankan semangat persaudaraan sesama Kenshi saat bertanding nantinya.

“Karena tidak hanya sekedar kemenangan winning. Tetapi adalah karakter dan jiwa busido yang harus di jaga, karena kemenangan tidak ada artinya apabila dilakukan dengan hal-hal yang tidak kesatria. Dan inilah yang menjadi karakter Kenshi- Kenshi Shorinji Kempo dan kami sudah bisa Shorinji Kempo agak berbeda dengan bela diri yang lain karena kita mempunyai karakter yang satria dan jiwa-jiwa tanah air,” terangnya. wwn

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img