28 C
Sidoarjo
Wednesday, October 9, 2024
spot_img

Atlet Downhill Kota Batu Sumbang Jawa Timur Medali Perak PON XXI


Kota Batu, Bhirawa
Salah satu atlet Downhill Kota Batu, Pandu Satrio Perkasa sukses menyumbangkan medali bagi Jawa Timur dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh. Pandu berhasil meraih medali perak di nomor Down Hill Individual (DHI) Putra yang dilaksanakan di MTB Arena Tahura Bukit Barisan di Kabupaten Karo, Sumut, Senin (9/9).

Pandu meraih medali perak setelah mampu mencatatkan waktu 2 menit 51,644 detik. Catatan waktu ini hanya selisih sedikit dengan peraih medali emas, Dois Audi Fikriyansyah yang juga dari Jatim dengan catatab waktu, 2 menit 49,752 detik.

Di urutan ketiga atlet Sumatera Selatan atas nama Putra Ganda Ar Rozaq. Ia harus puas diperingkat ketiga dibawah Pandu dengan catatan waktu 2 menit 54,116 detik. Padahal pada seeding run yang diselenggarakan sehari sebelumnya (8/9), Putra berada di posisi kedua dengan catatan waktu 2 menit 48,634 detik. Namun dalam pertandingan final, Pandu membuktikan kelasnya. Ia mampu menyalip catatan waktu Putra di lintasan balap sepanjang 1.570 meter.

Pelatih ISSI Provinsi Jawa Timur, Afos Hildan Katana bersyukur atas kemenangan ini. ”Pandu bermain maksimal, kondisinya juga bagus 100 persen, dia memang benar-benar siap sekali mengikuti even ini,” ujar Afos.

Adapun salah satu modal kemenangan ini adalah track yang ada tidak jauh beda dengan di Kota Batu yang terjal dan ekstrem. Track ini memiliki beberapa tikungan tajam dan terdapat tanah yang lembek serta penuh bebatuan. Pandu juga mampu melawan cuaca yang tidak bersahabat. Karena suhu udara di PON kali ini sangat panas sekali.

Berita Terkait :  Kalahkan Papua, Tim Basket Putri Jatim Tembus Semifinal PON XXI

Ditambahkan Head Coch DHI Timnas Indonesia, Dadang Haris Purnomo yang mengaku bangga dengan prestasi yang diraih para pembalap. Ia melihat bahwa pembalap Indonesia sudah siap untuk berlaga di Sea Games tahun depan.

“Kita akan ambil 10 pembalap untuk mengikuti seleksi Timnas. Mereka yang akan kita persiapkan di SEA Games di Thailand tahun depan, laga di PON ini luar biasa,” ujarnya.

Sementara, Ketua KONI Kota Batu, Sentot Ary Wahyudi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Pandu ini. ”Saya bangga, dan kita yakin kemenangan ini akan memotivasi atlet kita yang berlaga di PON untuk terus menambah pundi- pundi medali untuk Jawa Timur,” ujar Sentot. [nas.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img