32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

BPBD Kota Madiun Bersih-Bersih Aliran Sungai Bok Malang Kelurahan Palangbango

Kota Madiun, Bhirawa.
BPBD Kota Madiun tak ingin kecolongan dalam menanggulangi bencana. Karena itu, sebagai pencegahan luapan air sungai saat terjadi hujan, BPBD menggelar pembersihan sungai. Hal tersebut seperti yang terlihat dalam kegiatan petugas di Kali Bok Malang, Kelurahan Pilangbango Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Rabu (21/8).

Mereka mengangkat sampah yang menutupi aliran sungai. “Pembersihan sungai ini sebagai upaya pencegahan banjir. Kami bersihkan sampah-sampah seperti kayu-kayu yang menyumbat aliran air,”kata Sumanto, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Madiun.

Adapun pembersihan sungai dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat atau hasil inspeksi petugas di lapangan. Dua kali seminggu petugas keliling ke sejumlah sungai besar untuk melakukan pengecekan aliran air. Juga, masuk ke gorong-gorong untuk memastikan saluran aman. Pembersihan sungai menggunakan alat berat untuk memudahkan prosesnya. Selain itu, petugas juga melakukan pengedukan di sungai lainnya.

Sumanto pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi, di dalam sungai. Serta, segera melapor ke petugas melalui 112 jika melihat aliran sungai yang tidak lancar. “Misalnya karena sampah menumpuk atau ada yang ambrol segera laporkan,” pungkasnya.[dar.ca]

Berita Terkait :  Samsat Polres Situbondo Dukung Sosialisasi Operasi Patuh Semeru 2024

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img