32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Lowongan Terbanyak, Pemprov Jatim Diprediksi Jadi Incaran Pelamar CPNS


Pendaftaran Dimulai Hari Ini, segera Klik www.sscasn.bkn.go.id.
Pemprov, Bhirawa
Kesempatan untuk diterima menjadi PNS telah dibuka. Mulai hari ini, Selasa (20/8), pendaftaran CPNS dibuka serentak se Indonesia hingga 6 September mendatang. Khusus di Pemprov Jatim, sebanyak 2.314 formasi tersedia untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan mulai dari lulusan SMA hingga sarjana strata 2.

Formasi Pemprov Jatim menjadi yang terbanyak se Pulau Jawa. Dibandingkan dengan lowongan di Pemprov DKI Jakarta sebanyak 434 formasi, Jawa Barat 899 formasi, dan Jawa Tengah 250 formasi. Dengan jumlah tersebut, perhatian calon pelamar diprediksi bakal terpusat di Pemprov Jatim.

“Pemprov Jatim akan menjadi magnet kuat bagi fresh graduate lulusan universitas se Indonesia. Karena lowongan ini terbuka dan bisa diikuti pelamar dari daerah mana pun termasuk luar Jatim,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Indah Wahyuni.

Yuyun, sapaan akrab Kepala BKD Jatim menjelaskan, formasi CPNS tahun ini dibagi dalam dua kategori. Yakni formasi umum sebanyak 2.254 lowongan yang terbagi untuk formasi tenaga teknis, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Kedua, formasi khusus sebanyak 60 lowongan yang terbagi untuk cumlaude 50 lowongan dan penyandang disabilitas 10 lowongan.

“Untuk formasi cumlaude ini hanya bisa diikuti lulusan perguruan tinggi terakreditasi unggul (A) dan terakreditasi prodi unggul (A),” jelas Yuyun.

Bagi formasi umum, lowongan CPNS terbuka mulai dari kualifikasi pendidikan SMA dan SMK jurusan teknik, pertanian, peternakan dan agrobisnis. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan diploma 3 (D3) ke atas terdapat persyaratan tambahan yakni hasil tes tofle.

Berita Terkait :  Pertemukan Investor, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

“Lulusan SMA/SMK nilai rata-ratanya minimal 7, sedangkan sarjana minimal IPK 3 dengan ketentuan perguruan tinggi dan prodinya terakreditasi,” jelas Yuyun yang juga menjabat Pj Bupati Lumajang tersebut.

Terkait usia, dalam CPNS kali ini dapat diikuti pelamar dengan usia maksimal 35 tahun. Kecuali untuk formasi dokter spesialis, usia maksimalnya ialah 40 tahun.

Lebih lanjut Yuyun menjaslakan, dalam menghadapi seleksi CPNS ini pelamar diimbau selalu cermat. Khususnya dalam memilih formasi yang akan dilamar. Sebab, pelamar hanya boleh memilih satu instansi dan tidak dapat diubah kembali.

“Silahkan menggali informasi sebanyak-banyaknya sebelum memilih. Pelajari formasi baik yang terbuka di pemprov, pemkab/ pemkot, atau kementerian. Termasuk perhitungan penghasilan dari instansi yang dituju,” pesan Yuyun.

Pada masa-masa awal pendaftaran, Yuyun juga berpesan agar pelamar menyiapkan berkas terlebih dahulu secara lengkap. Selanjutnya, pelamar dapat membuat akun terlebih dahulu di www.sscasn.bkn.go.id.

“Pertimbangkan dengan baik sebelum memilih. Karena pelamar juga tidak bisa melihat tingkat persaingan di salah satu formasi yang dipilih,” ujar dia.

Yuyun juga mengingatkan agar peserta tidak mempercayai pihak-pihak yang menjanjikan sesuatu dengan imbalan tertentu. Sebab, seluruh proses seleksi CPNS ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Disinggung terkait pelamar dari tenaga non ASN Pemprov, Yuyun mengungkapkan tahun ini PPPK maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) dapat mengikuti CPNS tanpa mengundurkan diri. Hanya saja, PPPK yang akan melamar CPNS harus sudah memiliki masa kerja satu tahun dan mendapat izin dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi.

Berita Terkait :  Pj Bupati Sampang Gerakkan Penanaman 24.000 Mangrove di Pantai Damar Wulan

“Untuk PTT yang usianya di bawah 35 tahun silahkan mendaftar CPNS. Tetapi mohon dipertimbangkan sungguh-sungguh. Karena setelah mendaftar CPNS tidak bisa mengikuti seleksi PPPK di tahun yang sama,” jelas Yuyun.

Kapan seleksi PPPK 2024 digelar? Yuyun belum dapat memastikan jadwalnya. Sebab, sampai saat ini masih menunggu Permenpan terkait tahapan dan ketentuan seleksi PPPK. [tam.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img