32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Puluhan Siswa SDN 01 Nambangan Kidul Diimunisasi Campak Rubela dan HPV


Kota Madiun, Bhirawa
Puluhan siswa di SDN 01 Nambangan Kidul tampak mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi untuk anak usia sekolah. Imunisasi Campak Rubela untuk kelas I, serta HPV untuk siswa kelas V dan VI berlangsung di halaman sekolah, Senin (19/8).

Ernes Martanova, siswa kelas VB, mengaku gugup sebelum penyuntikan imunisasi berlangsung. ”Karena sudah lama tidak suntik. Tapi ternyata tidak sakit,” kata siswa yang tinggal di Jl Derkuku itu.

Selain Ernes, ada 20 siswa perempuan kelas V dan VI lainnya yang mengikuti imunisasi serupa. Sedangkan, imunisasi Campak Rubela diberikan kepada seluruh kelas I, baik laki-laki maupun perempuan, yang jumlahnya ada 17 siswa.

“Alhamdulillah semuanya hadir, tidak ada yang ketinggalan,”kata Kepala SDN 01 Nambangan Kidul, Sri Pangesti.

Menurut Sri Pangesti, imunisasi sudah menjadi agenda tahunan di sekolah. Tujuannya, untuk membantu menjaga kesehatan siswa. Kegiatan ini sebelumnya juga sudah disampaikan kepada orang tua siswa. Sehingga, mereka bisa mempersiapkan putra – putrinya sebelum imunisiasi berlangsung. ”Kami imbau untuk sarapan dan menjaga kesehatan agar bisa mengikuti imunisasi,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Imunisasi Puskesmas Manguharjo Kota Madiun, Widya Puspitaning Pramubekti menuturkan, imunisasi Campak Rubela maupun HPV tidak memiliki efek samping yang signifikan. ”Untuk HPV akan terasa nyeri sedikit di bagian yang disuntik. Bisa dikompres dengan air dingin kalau nyerinya mengganggu,” katanya. [dar.fen]

Berita Terkait :  Hari Pertama, Rektor Unej Tinjau Pelaksanaan UTBK Semmaba 2024

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img