28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

MPR RI Selenggarakan Sidang Tahunan, Peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-79 di Tahun 2024

Jakarta, Bhirawa.
MPR RI menggelar Sidang Tahunan 2024 pada hari Jumat tanggal 16 Agustus 2024 di gedung Nusantara- Senayan-Jakarta. Sidang tahunan ini diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama DPR RI dan DPD RI, akan dihadiri sekitar 2.022 undangan. Terdirì 1.222 undangan di gedung Nusantara dan 800 di gedung plaza Nusantara IV.

Akan hadir Presiden dan Wakil Presiden, para mantan Presiden dan Wapres, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI. Juga pimpinan Lembaga Negara, seluruh anggota MPR RI, Menteri KIM dan pejabat setingkat Menteri, Ketum Parpol, perwakilan Teladan se Indonesia, Ormas keagamaan, dll.

“Presiden Jokowi akan menyampaikan laporan kinerja lembaga lembaga negara. Sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 79,” ujar Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dalam keterangan pers, Kamis sore (15/8/2024). Ikut mendampingi Wakul Ketua MPR RI Prof Fadel M9hamad dan Plt Sekjen MPR RI Siti Fauziah.

Dikatakan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk memastikan, agenda Sidang Tahunan MPR RI 2024 bisa berjalan lancar. Antara lain melalui pertemuan konsultasi dengan Presiden RI pada tanggal 28 Juni 2024 lalu. Selain acara tersebut, akan diselenggarakan beberapa agenda nasional lainnya.

Seperti, pada hari Minggu pagi pukul 09.00 tanggal 18 Agustus 2024, diselenggara kan Seminar Nasional dalam kaitan hari Konstitusi. Dengan nara sumber Prof Jimly Assidiqi, Prof Yudi Latief dan Dr.Jimmhy Usfunan.
Pada hari Minggu malam jam 19.0 diselengarakan
peringatan Hari Konstitusi yang dirangkai dengan HUT MPR RI ke 79.

Berita Terkait :  Resale Price Maintenance, Cegah Persaingan Usaha Tak Sehat

“Peringatan hari konstitusi tanggal 18 Agustus, merupakan rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan hari lahir Pancasila tanggal 1Junim dan hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus. Sedang tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran Negara RI. Ditanggal yng sama Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI,” ungkap Siti Fauziah.

Ditambahkan, dalam.hari Konstitusi tersebut, MPR RI juga mengadakan lomba karya Jurnalistik bagi wartawan Parlemen. Masih dalam.rangksian HUT RI diselenggarakan juga Fun Walk dan Run Run pada tanggal 31 Agustus. (ira.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img