29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Digelar Dindik Jatim, Ratusan Guru Unjuk Prestasi di Gempita Award

Dindik Jatim, Bhirawa.
Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim menggelar Gelar Mutu,Prestasi Pendidik & Tenaga Kependidikan (Gempita) Award 2024 10 hingga 31 Agsutus yang akan diikuti oleh ratusan guru. Kegiatan ini bertujuan agar pendidik maupun tenaga pendidik menunjukkan bakat dan kreativitasnya pada beberapa lomba baik di bidang olahraga, seni hingga karya ilmiah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai, saat membuka Gempita Award 2024 di Atrium Lantai 1 Maspion IT, Surabaya, Sabtu (10/8), saat ini guru tidak hanya bertugas untuk mengajar, namun harus menunjukkan potensi yang bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi para siswa. “Jadi di ajang Gempita Award kita ingin menyaksikan potensi guru ditampilkan di Gempita Award,” katanya.

Ia juga mengatakan, ada pola pengajaran yang tentunya harus disesuaikan dengan generasi sekarang yang memiliki kecerdasan dalam menerima semua informasi. “Jadi generasi Gen Z yang cerdas karena semua informasi masuk ke otak mereka. Jadi peran guru bisa memberikan insipirasi, motivasi maupun bimbingan bagi siswa,” kata Aries yang juga menjabat sebagai Pj Wali Kota Batu itu.

“Ini sebagai refreshing para guru setelah keseharian mereka mengajar. Sehingga kompetensi para guru dan tenaga pendidik bisa dilombakan,” tambahnya.

Aries menjelaskan, lomba ini sebagai salah satu langkah untuk menggali potensi dari guru. “Terlebih guru yang memang kompetensinya di bidang olahraga, seni dan karya ilmiah bisa mengikuti lomba ini,” ucapnya.

Berita Terkait :  Ekspedisi Eksplorasi Ocean X Laut Indonesia Libatkan Mahasiswa FPIK UB

Nantinya guru yang memiliki kreativitas yang bagus akan mendapatkan penghargaan di Gempita Award. Pengumuman pemenang lomba Gempita Awards akan diumumkan pada Hari Guru 25 November mendatang. “Ini bentuk penghargaan dari para guru yang berusaha mendidik anak-anak SMA, SMK dan Sekolah luar biasa di Jatim,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Jatim, Ety Prawesti menjelaskan, kegiatan bertujuan meningkatkan kapasitas, didikasi dan memperkuat layanan pendidikan di SMA, SMK dan SLB. “Gempita Award tidak hanya fokus pada aspek akademis tapi merangkul bidang lain yangg berkontribusi pada pengembangn holistik pendidik dan tenaga kependidikan,” katanya.

Ia jug menerangkan ada empat kelompok lomba di Gempita Award, yakni sport bola terdiri dari bola voli, senam kreari, tenis lapangan dan bulu tangkis. Kemudin entertain meliputi lomba desain fashion, paduan suara, penyanyi solo, band dan tari kreasi.

Untuk kategori ketiga sain, melombakanm inovasi media pembelajaran dan best practice yang mendorong pengembangan media pembelajaran. “Kemudian yang keempat Leadership, mengapresiasi inovasi manajerial dan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) inspiratif dengan tujuan mendorong inovasi dan kreativitas pembelajaan, mengapresiasi dan dedikasi, ispirasi kepemimpinan, pengembangan jaringan, kolaborasi dan meningkatkan citra dan identitas sekolah,” teranya. [wwn.hel]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img