26 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

Bulan Juli Keyakinan Konsumen Meningkat

Kepala.Bank Indonesia (BI) Malang, Febrina

Kota Malang, Bhirawa
Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat pada Bulan Juli 2024.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2024 tercatat sebesar 178,33 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 155,17.
Kondisi ini terlihat berdasarkan hasil survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Juli 2024 lalu.

Kepala.Bank Indonesia (BI) Malang, Febrina menyebut peningkatan sebesar 178,33 menguat dibandingkan Dengan demikian keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap berada pada level optimis (indeks > 100). Kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

IKE saat ini tercatat sebesar 169,00 meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 146,00.

“Meningkatnya IKE didorong oleh seluruh kenaikan komponen pembentuknya, terutama pada Indeks penghasilan saat Ini,”tutur Febrina.

Disampaikan dia, peningkatan tersebut sejalan dengan terus meningkatnya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat melalui peningkatan konsumsi masyarakat dan dimulainya tahun ajaran baru.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya. IEK Juli 2024 tercatat sebesar 187,67 meningkat dari 164,33 pada Juni 2024.

“Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan komponen penyusun IEK, terutama Indeks Kegiatan Usaha,”tukasnya. (mut.hel).

Berita Terkait :  Jelang Pilkada Serentak, ASN Pemkab Jombang Ikrar Netral Tak Memihak

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img