24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Buka Rangkaian Perlombaan Agustusan, Dinsos Jatim Ajak PM ODGJ Futsal ‘Tendang Stigma’

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Dinas Sosial (Dinsos) Jatim membuka rangkain perlombaan Agustusan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79, Jumat (26/7). Berbagai macam lomba diadakan, salah satunya futsal ‘Tendang Stigma’ bersama penerima manfaat (PM) orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinsos Jatim Restu Novi Widiani MM membuka langsung rangkaian perlombaan Agustusan ini. Pada sambutannya, ia menyampaikan bahwa Dinsos Jatim selalu menyisipkan berbagai nilai penting dalam setiap perayaan yang diadakan.

“Pada perayaan 17 Agustus, kita tidak hanya merayakan lomba-lomba yang meriah. Tetapi memaknai bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, kemerdekaan adalah milik kita semua, termasuk para PM yang hadir di tengah-tengah kita,” tegasnya.

Para PM yang hadir pada pembukaan ini adalah PM ODGJ dari Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Pasuruan dan Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PRS PMKS) Sidoarjo. Mereka datang untuk bertanding futsal ‘Tendang Stigma’. Di mana para PM melawan para pejabat eselon III Dinsos Jatim 5 vs 5, yang terdiri dari tim putra dan putri.

Sebelum perlombaan, Kepala Dinsos Jatim juga melakukan ‘Tendang Stigma’ dengan menendang bola hingga menghantam kardus-kardus bertuliskan berbagai stigma yang selalu dilekatkan pada ODGJ, seperti ‘ODGJ Menakutkan’ atau ‘ODGJ Berbahaya’. “Tendang Stigma ini memaknai bahwa Aku, Kamu, Kita Setara,” ujar Novi.

Berita Terkait :  Usai Dilantik, Mahasiswa Minta Anggota Dewan Probolinggo Lepas Jas

Selain itu, Novi juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang bagi Dinsos Jatim untuk mempersiapkan diri dalam perlombaan olahraga antar OPD se-Pemprov Jatim. “Kita tahun lalu sudah meraih Juara Umum untuk lomba olahraga dengan OPD se-Pemprov Jatim. Saya mengintip, semua OPD sudah bersiap-siap untuk berlomba. Maka dari itu, kita harus lebih siap, jangan biarkan piala itu pindah ke OPD lain,” pesannya.

Tak hanya pertandingan futsal ‘Tendang Stigma’, pada rangkaian perlombaan Agustusan, Dinsos Jatim juga menggelar berbagai permainan tradisional hingga ketangkasan. Yang mana melibatkan seluruh pegawai hingga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinsos Jatim.

“Adapun jenis lomba yang digelar adalah terompah beregu, gobak sodor, tarik tambang, bola voli, tenis meja, catur, memindahkan gelas dengan balon, memegang pingpong dengan contong, opposite game, dan Tendang Stigma futsal antar PM dan eselon III,” papar Kepala Bidang Penanganan Bencana sekaligus Ketua Pelaksana Perlombaan Sukardi SH MSi.

Berbagi perlombaan untuk menyambut HUT RI ke-79 ini bakal dilanjutkan pada Kamis (1/8) dan Jumat (2/8/2).[rac.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img