28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Kemdikbudristek Tunjuk UC Jadi Tuan Rumah KDMI 2024


Surabaya, Bhirawa
Universitas Ciputra (UC) menjadi tuan rumah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024. Kompetisi ini akan dilaksanakan pada 16-21 Juli.

Head Student Affairs UC, Novi Rosita SPsi MM mengatakan, kegiatan itu merupakan kali pertama UC Surabaya menjadi tuan rumah untuk kompetisi bergengsi dari Kemendikbud Ristek.

“Selama lima bulan ini kami mempersiapkan fasilitas untuk pelaksanaan KDMI. Kami melibatkan 262 mahasiswa sebagai panitia dan mereka juga antusias,” ujar Novi, Selasa (16/7).

Menurutnya, lomba debat itu sangat bagus untuk melatih kecepatan berpikir kritis, ketepatan menganalisis, menemukan solusi, dan kecakapan menyampaikan pandangan ke publik.

Sementera itu, Staf Ahli Menteri Bidang Manajamen Talenta Nasional Kemendikbud Ristek Tatang Mutaqin, Ph.D menjelaskan KDMI kali ini mengusung tema ‘Jujur itu Juara’. Dalam debat nantinya para peserta akan menjunjung tinggi kejujuran dalam pelaksanaannya.

“Penilaian selain untuk tim, ada individual, lalu penilaiannya dari segi pengetahuan, komposisi debat, penguasaan menjawab soal,” jelas Tatang.

Selain itu, argumentasi dari peserta debat juga menjadi penilaian, sanggahan dari lawan tanding debat, bagaimana dua tim bisa memberikan argumen balasan yang memunculkan komunikasi dua arah.

“Apabila ada yang menyinggung SARA maka akan menjadi nilai minus bagi peserta,” kata dia.

Adapun materi yang akan diperdebatkan sangat luas, tidak terpatok pada satu bidang saja. Semua disiplin ilmu bisa menjadi bahan untuk perdebatan.

Berita Terkait :  Unars Gelar Seminar Nasional, Ajak Mahasiswa Kenali Kebijakan Pemkab Situbondo

“Bisa soal ekonomi, sosial budaya, bahkan tema yang tidak pernah kita bayangkan bisa didebatkan. Topiknya betul-betul tidak terduga, tetapi prinsip dasarnya lebih ke argumentasi moral terhadap suatu kejadian, seperti politik, ada pro kontra,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Ciputra Ir Yohannes Somawiharja, M.Sc menambahkan kompetisi debat itu bukan hanya mencari pemenang, tetapi mendorong generasi muda untuk punya cara berpikir kreatif, kritis, dan mampu menyediakan solusi dari permasalahan.

“Jadi, bukan hanya untuk dipahami, tetapi bisa mengajak orang untuk bisa bersama-sama mengerjakan solusi atas permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui debat,” tutur Yohannes.

Jadwal KDMI diagendakan pada 17-19 Juli di Universitas Ciputra. Kemudian untuk final dilaksanakan pada 20 Juli, dan penutupan KDMI pada 21 Juli 2024. [ina.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img