29 C
Sidoarjo
Sunday, October 13, 2024
spot_img

Kenalkan Situs Bersejarah, SMKN 5 Kota Madiun Ajak Siswa Keliling Bosbow Hingga Bakorwil


Kota Madiun, Bhirawa
Gen Z dan zaman kolonial sangatlah berjarak. Apalagi kini sudah banyak hal yang membuat banyak generasi muda melupakan sejarah. Maka upaya mengenalkan situs bersejarah yang ada di Kota Madiun, SMKN 5 Kota Madiun menggelar outdoor learning ke situs – situs bersejarah di Kota Pendekar, seperti Gedung Busbow dan Gedung Bakorwil.

Para siswa memulai petualangan situs bersejarah dengan mengunjungi kompleks Gedung Bosbow yang ada di Jl Diponegoro. Menurut sejarah,dulunya Bosbow adalah Middlebare Boschbouw School (Sekolah Kehutanan Menengah Atas, MBS) di Madiun, yang didirikan JH. Becking, pimpinan Jawatan Kehutanan pada Pada tanggal 26 Agustus 1939.

“Disini bangunannya masih banyak yang otentik. Kami ingin mengenalkan ke anak-anak seperti apa sejarahnya bangunan ini dan supaya mereka tidak melupakan sejarah,” terang Retno Haryani Waka Humas SMKN 5 Kota Madiun, Jumat (11/10).

Setelah berkeliling melihat megahnya gedung yang kini menjadi tanggung jawab militer itu, rombongan yang merupakan perwakilan dari kelas II itu beralih ke kompleks gedung Bakorwil yang ada di Jalan Pahlawan.

“Dua tempat kita pilih karena nilai historisnya kental sekali. Kami ingin kedepan para siswa bisa lebih menghargai dan memiliki peninggalan sejarah ini, sehingga ada rasa untuk menjaga dan merawatnya,” ungkapnya.

Tak hanya berkeliling, para siswa juga diminta mendokumentasikan tour situs bersejarah kali ini dengan membuat rangkuman dan foto – foto. ”Supaya jadi bukti dan kegiatan kali ini bisa terdokumentasi dengan baik,” paparnya. [dar.fen]

Berita Terkait :  Potensi Gempa Megathrust Jadi Isu Rakor SRPB Jawa Timur

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img