30 C
Sidoarjo
Wednesday, October 9, 2024
spot_img

Lalai Tinggalkan Charger Ponsel Sebabkan Rumah Terbakar di Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa.
Himbauan diberikan dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu terkait kehati- hatian dalam menyimpan telephon seluler (ponsel) di dalam rumah.

Hal ini menyusulkan terjadinya kebakaran rumah watga Kelurahan Temas, Kota Batu, Rabu (9/10). Diduga api berasal dari adanya korselting lustrik yang dipicu oleh charger ponsel yang ditinggalkan pemiliknya.

Diidentifikasi rumah yang terbakar adalah milik M Jaeni dan Umi Sadiyah. Adapun lokasi tepatnya berada di Jl Wukir gang IV-D RT:02 RW:11 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Kabid Pencegahan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu, Santoso Wardoyo menjelaskan bahwa diduga kebakaran terjadi akibat korsleting listrik setelah anak mengambil ponselnya yang tengah diisii daya listtik menggunakan charger.

Namun ketika mengambil ponselnya, anak tersebut lupa tidak mencabut charger handphone. “Jadi setelah mengisi daya ponsel, ybs membiarkan chargernya terus menancap di aliran listik,” jelas Santoso.

Ketika terjadi konsleting listrik akhirnya memicu terjadinya kebakaran di rumah tersebut. Warga yang kaget adanya kebakaran, langsung bersama melakukan pemadaman. Kebakaran berhasil dipadamkan setelah petugas Damkarmat Kota Batu tiba di lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman.

Dalam proses pemadaman, Damkarmat Kota Batu dibantu personel BPBD setempat dan masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian..

Akibat musibah kebakaran ini, beberapa sisi rumah korban mengalami kerusakan cukup parah. Meskipun tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun musibah ini menyebabkan kerugian material hingga puluhan juta Rupiah.

Berita Terkait :  Perbarui Identitas PM, UPT Dinsos Jatim Gelar Perekaman Adminduk

“Setelah melakukan pemadaman di lokasi, kita juga melakukan pembasahan dan pendinginan untuk memgantisipasi munculnya api lagi dan terjadi kebakaran susulan,” jelas Santoso. Dan belajar dari musibah ini, ia mengimbau masyarakat apabila telah selesai mengisi baterai handphone agar tidak lupa mencabut charger dari aliran listrik. [nas.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img