28 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

Tingkatkan Potensi dan Kemampuan, Pemuda WBP dibekali Keahlian Otomotif


Situbondo, Bhirawa
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo Kanwil Kemenkumham Jatim terus berupaya memberikan bekal keterampilan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Semangat para petugas dan WBP dalam kegiatan pembinaan tak luntur, seperti saat dilaksanakan pembinaan keahlian otomotif, Senin (7/10).

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, mengatakan, Warga Binaan Pemasyarakatan diberikan kesempatan untuk terus memperbaiki diri serta meningkatkan kompetensi mereka sebagai bekal ketika kembali ke lingkungan masyarakat.

“Dalam perspektif HAM, warga binaan diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri melalui pembimbingan dan pembinaan sehingga terbentuk SDM yang berkualitas dan berkarakter. WBP Rutan Situbondo diberikan pelatihan berupa keterampilan kerja mekanik otomotif sehingga bisa mendapatkan pengetahuan dan keahlian serta dapat menjadi bekal ketika mereka bebas nanti,” ujar Rudi.

Pembekalan keterampilan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan terutama dari kalangan berdua muda memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dimasa kini dan dimasa mendatang.

“Kegiatan ini juga untuk membentuk pribadi yang mampu mengembangkan bakat dan keahlian. Nanti bisa menjadi modal dan upaya meningkatkan taraf hidup ketika kembali ke tengah masyarakat,” tandas Rudi Kristiawan.

Salah satu penghuni kamar tahanan Rutan Kelas IIB Situbondo, mengaku sejak awal berminat untuk mengikuti pembinaan keahlian otomotif. Misalnya, sebut dia, menguasai tehnik service motor. ”Ini sangat berguna bagi kami. Dengan keahlian baru ini, nanti setelah kami keluar dari Rutan Situbondo berminat untuk membuka bengkel motor,” harapnya. [awi.fen]

Berita Terkait :  Pastikan Transmisi Andal, PLN UIT JBM Siap Support Kelistrikan Upacara Kemerdekaan di Jawa Timur hingga Bali

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img