28 C
Sidoarjo
Monday, October 7, 2024
spot_img

Jatim Fest 2024, Pertamina Patra Niaga Dukung UMKM Berdaya Saing

Surabaya, Bhirawa
Mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur, PT Pertamina Patra Niaga, melalui Regional Jatimbalinus, turut berpartisipasi dalam Jatim Fest 2024. Acara ini berlangsung di Exhibition Hall Grand City, Surabaya, pada tanggal 2-6 September 2024, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengungkapkan pentingnya sinergi antara perusahaan besar dan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. “Partisipasi kami dalam Jatim Fest 2024 merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendorong UMKM agar lebih mandiri dan berdaya saing. Kami ingin membantu para pelaku usaha untuk lebih berkembang dengan membekali mereka kemampuan manajerial yang baik serta akses kepada pasar yang lebih luas,” terangnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, Pertamina Patra Niaga berupaya untuk tidak hanya melayani kebutuhan energi masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal. Partisipasi dalam kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap pengembangan UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi daerah.

Melalui dukungan ini, Pertamina Patra Niaga juga berperan dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s), terutama tujuan ke-8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta tujuan ke-12 tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Keikutsertaan Pertamina Patra Niaga dalam Jatim Fest juga membawa hasil membanggakan. Pada penutupan acara yang dilaksanakan tanggal 6 September 2024, booth Pertamina Patra Niaga berhasil meraih penghargaan sebagai Pemenang 2 Stand Terbaik.

Berita Terkait :  Pengukuhan Relawan TIK Jatim 2024-2028

Aziz Fadillah, pemilik Kinayar Craft yang menjadi salah satu UMKM binaan Pertamina sekaligus mengikuti program UMK Academy Pertamina dan ikut serta dalam kegiatan Jatim Fest 2024, turut memberikan testimoni mengenai dampak positif yang dirasakan dari program ini.

“Alhamdulillah, selama dibina Pertamina di UMK Academy, banyak manfaat dan ilmu yang kami serap untuk kami aplikasikan dalam perjalanan pertumbuhan dan perkembangan bisnis kami untuk Level Up. Kesempatan keikutsertaan yang diberikan kepada Kinayar Craft sebagai peserta pameran Jatim Fest sungguh tidak terduga dan sangat surprise bagi kami. Sebagai timbal balik, kami berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan produk-produk terbaik kami dalam event ini, sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung sebagai brand Mitra Binaan Pertamina,” jelasnya.

Aziz menambahkan bahwa dampak menjadi Mitra Binaan Pertamina sangat signifikan bagi perkembangan bisnisnya. “Hingga saat ini, banyak dampak yang sudah kami rasakan sebagai Mitra Binaan Pertamina. Branding bisnis kami semakin meningkat dengan label “Mitra Binaan Pertamina”. Keikutsertaan sebagai peserta event Jatim Fest memperluas networking kami, bukan hanya dengan sesama pelaku bisnis, tetapi juga dengan media, lembaga ekspor, startup, lembaga pendidikan, dan lainnya. Kami semakin optimis dengan pertumbuhan bisnis kami ke depannya,” paparnya.

Sementara itu Ahad Rahedi menutup dengan harapan bahwa keikutsertaan Pertamina Patra Niaga di Jatim Fest 2024 akan membawa dampak jangka panjang bagi UMKM dan ekosistem bisnis di Jawa Timur. “Kami berharap, melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM dapat semakin percaya diri dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Sinergi antara perusahaan besar, pemerintah, dan UMKM adalah kunci dalam membangun perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan. Pertamina Patra Niaga akan terus berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM di Jawa Timur dan seluruh Indonesia,” pungkas Ahad.[riq.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img